Sukses

Kolesterol Tinggi dan Jantung

20 Oct 2014, 08:02 WIB
Pria, 30 tahun.
Selamat malam dok, Saya sudah dua tahun ini bekerja di lokasi migas tengah laut (offshore), dimana dalam dua tahun ini pola makan saya tidak teratur dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi. Saya mendapat fasilitas MCU setahun sekali, pada saat sebelum bekerja di offshore, hasil MCU saya menunjukan hasil yang baik tidak ada gejala penyakit apapun, namun setelah bekerja selama dua tahun dan saya mengikuti kembali MCU ternyata hasil nya ada beberapa temuan medis diantaranya: - nilai kolesterol diatas nilai rujukan - respons ischemic positif ringan Saya juga terkadang suka susah untuk bernafas lega dan sakit di dada sebelah kiri. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah nilai kolesterol yang diatas nilai rujukan (225 mg/dL) berpengaruh terhadap jantung sehingga ditemukan respons ischemic positif ringan? Bagaimana cara penyembuhan dan penanganan respons ischemic positif ringan ini? Terima kasih banyak dok..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Betul bahwa ada hubungannya antara kadar kolestrol yang tinggi dengan penyakit jantung. Apakah yang Anda sebutkan di atas adalah kolesterol total? Nilai kolesterol total yang baik sebaiknya < 200 mg/dL. Jika nilai kolesterol Anda 225 mg/dL maka termasuk tinggi dan memang dapat meningkatkan risiko kejadian penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Selain kadar kolesterol total, perlu juga diketahui profil lipid Anda secara keseluruhan, yaitu: kadar kolesterol LDL, kolesterol HDL, dan trigliserida. Profil lipid yang lengkap memberikan informasi yang lebih menyeluruh.

Keluhan nyeri di dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, atau jantung. Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit atau bahkan lebih, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

 

Selain itu, Anda sebaiknya segera mulai mengubah pola makan Anda dengan mengurangi makanan berlemak dan gula serta makan teratur dengan gizi berimbang. Anda juga perlu berolah raga 3 hingga 5x seminggu masing-masing sesi selama minimal 30 menit, contohnya dengan bersepeda atau berjalan kaki. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter untuk evaluasi lebih lengkap mengenai hasil medical check up tersebut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar