Sukses

Nyeri Testis

19 Sep 2013, 19:21 WIB
Pria, 37 tahun.
Saya pria usia 37tahun, sudah menikah 3 tahun dan selama ini saya setia dengan pasangan. Sejak menikah tidak ada keluhan dalam hubungan suami istri, hingga setahun terakhir saya merasa nyeri pada skrotum ketika ejakulasi dan volume cairan sperma berkurang dari biasanya. Keluhan ini semakin terasa bila frekwensi lama tidak berhubungan suami istri. Yang ingin saya tanyakan dok, 1. Apa penyebab dari keluhan saya dok, dan langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya? 2. Apakah ini yang menyebabkan hingga sampai saat ini kami belum punya keturunan? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat, 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Orchalgia atau nyeri pada testis setelah ejakulasi dapat disebabkan oleh proses peradangan yang melibatkan kelenjar prostat atau vesikula seminalis. Untuk mengetahui penyebab pastinya, kami menyarankan Anda berobat ke dokter spesialis urologi. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma untuk mengetahui kualitas dan kuantitasnya, sehubungan dengan keluhan belum memiliki anak. 

Anda sudah menikah selama 3 tahun, namun belum memiliki keturunan. Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Bagaimana dengan frekuensi Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual? Apaka sudah mengunjungi dokter?

Jika Anda dan pasangan sudah menikah lebih dari 1 tahun dan telah melakukan hubungan seksual dengan frekuensi yang teratur, maka pasangan Anda perlu mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan fertilitas. Evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya perlu dilakukan baik dari pihak suami maupun istri. Seringkali diperlukan pemeriksaan USG rahim, juga terdapat pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Selain Anda, Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



Orchalgia or testicular pain after ejaculation maybe suggestive of an inflammatory process such as that involving prostate gland or the seminal vesicles.
Since you also have burning sensation in your urine you might also have an 
urinary tract infection.
I would advise you to get an ultrasound and urine examination done.

A course of antibiotics, anti-inflammatory agent, alpha-blocker,urinary alkaliser and sitz bath would be of benefit. You can consult your local urologist for the same.

    0 Komentar

    Belum ada komentar