Sukses

Nyeri Bahu

20 Sep 2013, 00:43 WIB
Pria, 45 tahun.
Saya seorang PNS/Guru SMP tinggal di Purwokerto. saya merasakan nyeri dan sakit pada sendi pada bahu shg otot sulit sidegarakkan vertikal ketas dan ke belakang, sakit saya kira kira sudah 3 bulan ini. Biasanya saya minum neurodex, pyroxicam dan calsium...tapi ...belum sembuh jika untuk..mengetik di komputer dalam jangka alam..sakit luar biasa, apalagi kesenggol.sesuatu sakitnya luar biasa..... bagamana saya mengatasinya....dan bagaimana pengobatannya..mohon penceraham dan konfirmasi. saya ke dokter di kasih obat yaa spt diatas...apa yang harus saya lakukan.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Nyeri bahu yang demikian kemungkinan besar terjadi karena adanya masalah pada jaringan ikat di bahu antara tulang. Adanya aktivitas bahu yang melibatkan mengangkat tangan secara berulang (seperti misalnya menulis di papan tulis pada Anda) merupakan faktor risikonya.  Faktor risiko lain adalah abnormalitas tulang dan sendi. Lama-lama, akan terjadi inflamasi atau peradangan tendon dan bursa. Bila tidak ditangani dengan baik, tendon pada bahu dapat menipis dan robek. 

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan rontgen? Untuk menangani gejala, memang diberikan obat antiinflamasi selama 6 0 8 minggu. Selain itu, lakukan stretching secara teratur saat mandi dengan air hangat. Hindari aktivitas yang bersifat repetitif terutama aktivitas yang mengharuskan siku bergerak di atas bahu. Ada baiknya Anda mengunjungi fisioterapis untuk menunjukkan latihan yang efektif dalam menguatkan dan stretching otot bahu. 

Bila dengan obat minum gejala masih ada, maka dapat dipikirkan pemberian obat antiinflamasi injeksi. Bila tidak membantu juga, pemeriksaan radiologis seperti MRI, USG, atau arthrogram perlu dilakukan untuk melihat apakah terjadi robekan pada tendon. Bila ya, maka mungkin perlu dilakukan operasi.

Kami menyarankan Anda mengunjungi dokter spesialis orthopaedi untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar