Sukses

Luka Robek karena Kaca

19 Oct 2014, 22:06 WIB
Wanita, 41 tahun.
seminggu yang lalu kaki ( telapak kaki ) menginjak kaca , hingga terjadi robekan 1 cm , dan kaca yang pecah masuk dalam kaki sekitar 1 cm . kaca sudah saya keluarkan. setelah itu saya bersihkan pakai alkohol , lalu betadine. luka luar kering, tp kalo pas tertekan sakit sekali dok. lalu saya minum obat cina (untuk pengobatan luka dalam ) dan antibiotik kira2 2hr ini. nyeri sudah tidak terasa, tapi kaki saya bengkak sekarang dok. apa yang harus saya lakukan. terus terang dok saya takut suruh datang ke dokter. terimakasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Masalah kesehatan Anda adalah luka terkena kaca satu minggu yang lalu, dan Anda belum mengunjungi dokter. 

Ibu, saya mengerti kecemasan Anda, namun sebaiknya Anda mengunjungi dokter sesegera mungkin. Luka terkena kaca yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan terjadinya infeksi dan proses penyembuhan yang tidak baik. Dalam menangani luka robek, perlu dipastikan bahwa:

  • Luka dibersihkan dengan antiseptik sehingga bersih sampai ke luka bagian dalam
  • Tidak ada serpihan atau kotoran yang tertinggal di luka bagian dalam
  • Dilakukan pencegah infeksi
  • Jika luka kotor maka diperlukan penyuntikkan anti tetanus

Sayang sekali Ibu tidak segera mengunjungi dokter. Antibiotik apa yang Ibu minum? Bagaimana dengan dosis dan aturan pakainya? Tidak semua antibiotik dapat digunakan untuk kepentingan yang sama. Selain itu juga dosis dan aturan pakainya harus benar agar tidak terjadi kekebalan antibiotik. Saya sarankan Ibu segera mengunjungi dokter untuk dapat diperiksa secara langsung mengenai bengkak di kaki Ibu dan dicari penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar