Sukses

Hamil atau tidak

09 Sep 2013, 16:30 WIB
Pria, 20 tahun.
slamat malam Dok, saya mau tanya sekaligus konsultasi... pacar saya itu mengalami gejala yang sebelumnya belum pernah dialami. Pernah sih, tapi tidak selama sekarang... jadi gini Dok, pacar saya kan barusan mens (tanggal 2 Sept), trus kami berhubungan... nah, 2 hari berikutnya tu pacar saya mengalami mual Dok, sekaligus diikuti sendawa. Dikira itu gejala magh. Tapi pacar saya heran, kok sampai sekarang (15 Sept) sendawa n mual itu masih ada. ditambah pula perutnya itu rasanya selalu penuh, walawpun lapar n barusan BAB. Terus ada lagi perutnya yang bagian kiri bawah, dan ulu hati, itu biasanya terasa sakit. Ini menurut dokter bagaimana ya kesimpulannya, soalnya saya beberapa hari ini dilanda ketakutan Dok atas pacar saya itu.. terimakasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter


 

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Gejala yang muncul pada pacar anda serupa dengan gejala dari penyakit maag, yaitu mual, muntah, bersendawa, perut terasa penuh, nyeri perut kiri atau bagian uluhati, sulit makan, BAB dapat suilt ataupun cair. Maag atau bisa juga disebut sebagai dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, dapat disebabkan oleh stres, beberapa pengobatan, pada beberapa kasus kompilasi menjadi gastritis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri (H.pylori). Pengobatan berupa perubahan pola makan, kurangi kopi, teh, makanan pedas, soda,makanan yang asam serta banyak gas seperti kol, sawi. Serta untuk mengingat jangan telat makan, dan makan secara teratur, cobalah untuk konsumsi makanan sedikit-sedikit namun sering. Ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi oleh penderita maag seperti golongan antasida, H2 blocker dan PPI (proton pump inhibitor). Untuk memastikan pacar anda menderita maag atau tidak, cobalah anda melakukan pemeriksaan ke dokter umum untuk dilakukan pemeriksaan tubuh serta untuk mendapat obat. Bila anda takut pacar anda hamil, coba lakukan pemeriksaan test pack dimana test pack dapat diperiksaa 1-2 minggu setelah berhubungan. 

Beriku ini adalah Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan subyektif/tidak pasti dan tanda kehamilan obyektif/pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

?   sering berkemih

?   pembesaran dan nyeri payudara

?   mual

?   perasaan lelah

?   daerah sekitar puting susu menghitam

?   peningkatan suhu tubuh

?   flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim 

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan biasanya hanya terjadi dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

?   Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

?   Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

?   Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri pacar anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika pacar anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika memang tidak yakin akan hasil testpack yang sudah dilakukan 3 kali.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar