Sukses

Sesak dan berdebar

18 Oct 2014, 02:02 WIB
Wanita, 17 tahun.
Malam dokter, kenapa ya akhir-akhir ini saya sering sesak napas dan detak jantung rasanya cepat, biasanya kalau dibuat tiduran agak mendingan tapi kahir-akhir ini malah makin parah, mata juga rasanya capek menekan gitu kalau dibuat baca lama-lama, padahal sebelumnya nggak pernah begitu. Akhir-akhir ini saya memang sering hipotensi dok, biasanya 80/60. Yang ingin saya tanyakan, apa ini anemia? Atau saya memang harus tes Hb di Lab. Saya penyuka makanan asin dok, tetapi saya sering hipotensi, saya juga punya riwayat penyakit jantung, apa berpengaruh ya dok? terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Sesak nafas daapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi pada paru-paru, jantung, asma, maag, dan psikosomatis. Detak jantung yang cepat dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kelainan hormonal, penyakit jantung, maag dan banyak lagi. Sering kali sesak nafas disebabkan oleh detak jantung yang cepat (tachycardia). 

Keluhan anda berupa seak nafas dengan detak jantung yang cepat dapat disebabkan oleh anemia. Anemia merupakan keadaan dimana jumlah Hemoglobin (Hb) yaitu komponen yang membawa oksigen dalam darah berkurang, ditandai dengan keluhan berupa cepat lelah, sering pusing, lemas, detak jantung cepat, sesak, pucat, dan lainnya. Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal, yang paling sering pada wanita adalah kurangnya zat besi. Penyebab lain adalah kurangnya vitamin B12 dan lainnya. Anemia sering terjadi juga pada wanita dengan haid yang banyak. Cobalah konsumsi sayur-sayuran hijau serta daging, jangan lupa untuk selalu makan yang cukup dan tepat waktu. 

Hipotensi dan anemia merupakan dua hal yang berbeda. Tensi atau tekanan darah merupakan tekanan aliran darah pada pembuluh darah kita. Tekanan darah anda tergolong tekanan darah rendah. Sesak nafas dan detak jantung cepat juga dapat disebabkan oleh keadaan hipotensi. Coba konsumsi lebih banyak sayur, buah serta garam dan gula ke diet makanan anda. Juga kalau sudah pusing sekali akibat tensi yang rendah, tidurkan badan anda sambil mengangkat kaki. 

Kami menyrankan agar anda melakukan pemeriksaan kadar Hb, serta konsultasikan ke dokter untuk masalah anda, sebab bila memang sering sesak dengan detak jantung yang cepat sepertinya harus dilakukan pemeriksaan lain, mungkin pemeriksaan EKG untuk melihat irama anda. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar