Sukses

Bintil pada penis

09 Sep 2013, 21:52 WIB
Pria, 27 tahun.
Dok. Saya mau nanya nih Sudah 1 bulan Penis saya keluar kutil, awalnya saya mengira itu cm benjolan biasa karena iritasi pd kulit kemaluan saya. akan tetapi benjolan tersebut bertambah besar dan banyak. Penyakit apa itu dok? dan apa obatnya? Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Apakah seblumnya anda melakukan hubungan seksual? Keluhan Anda adalah bintik pada penis. Sayang sekali sulit bagi kami untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung. Selain itu perlu diketahui sejak kapan bintil tersebut muncul, lokasi tepat, ukuran, konsistensi, daerah kulit sekitar, dan informasi lainnya mengenai keluhan Anda. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan langsung. Kami sertakan artikel

untuk informasi Anda mengenai kemungkinan kondisi kesehatan yang terjadi pada keluhan Anda.

"9 Penyebab Bintik pada Penis"

Kutil

 

Kutil adalah benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit ini sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. Papilloma ini sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Jenis kutil lain yang perlu diwaspadai adalah kutil yang tumbuh pada organ seksual atau disebut juga dengan kutil genital. Kutil ini merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dan bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut rahim pada wanita. Selain itu, wanita hamil yang terinfeksi HPV dapat menularkan virus ke bayinya saat proses kelahiran bayi.

Untuk kutil di daerah genital, sebaiknya periksakan ke dokter. Jangan mencoba kutil jenis ini dengan obat yang dijual bebas, karena umumnya obat yang dijual bebas bukan untuk digunakan pada jaringan yang lembab di sekitar area genitalia.

 

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri anda ke dokter specialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar