Sukses

Ibu Menyusui

19 Oct 2014, 05:58 WIB
Wanita, 24 tahun.
Assalamu'alaikum... Dok, saya ibu menyusui, umur anak saya 10 bln, saat ini saya bekerja. Yang saya tanyakan, kenapa ASI saya hanya keluar sedikit, itupun juga hanya dari payudara sebelah kiri, jadi harus disambung dengan susu formula. Makanan atau obat apa yang harus saya konsumsi agar ASI bisa keluar deras? padahal saya sudah makan sayur2an. Trus bolehkan Dok, klo ibu menyusui diet? mengingat juga ASI yang keluar dikit, sampe' umur berapa bayi boleh disapih? Terima kasih sebelumnya Dok....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda.

Tidak ada diet khusus bagi ibu menyusui. Namun yang terpenting adalah fokuskan dalam pemilihan makanan serta minuman yang sehat untuk membantu produksi ASI. Konsumsilah makanan bergizi seperti buah dan sayuran, namun ingatlah untuk selalu mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan sisa pestisida.

 

Dengan konsumsi berbagai jenis makanan sewaktu menyusui maka akan mengubah rasa dari ASI Anda. Hal ini akan membuat bayi terpapar oleh berbagai jenis rasa dan akan memudahkannya untuk menerima berbagai jenis makanan padat.

Pastikan Anda minum lebih sering terutama saat sedang memberikan ASI dan minumlah lebih banyak jika urine Anda berwarna lebih gelap. Minumlah air paling tidak 8 gelas sehari untuk menjaga hidrasi.

Makanan dan minuman apa yang sebaiknya Anda hindari:

  • Alkohol
    Tidak ada kadar alkohol yang ditoleransi aman bagi ibu menyusui.
  • Kafein
    Hindari konsumsi kafein lebih dari 2-3 gelas/hari karena kafein yang keluar melalui ASI akan membuat bayi Anda gelisah dan mengganggu waktu tidurnya.
  • Ikan
    Ikan laut memang merupakan sumber protein dan omega 3. Namun kebanyakan ikan atau makanan laut mengandung merkuri dan dapat meningkatkan resiko gangguan perkembangan saraf pada bayi. Jika ingin mengonsumsi makanan laut, pilihlah yang rendah merkuri seperti udang, salmon, tuna kaleng atau lele.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Masa Menyusui

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar