Sukses

Amandel

09 Sep 2013, 15:14 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat pagi, dok. Saya mempunyai amandel sejak kira -kira saat saya masih SMA dan amandel saya tak pernah saya operasi. Kadang-kandang saya iseng melihat ke dalam mult dan tengorokan saya untuki melihat amandel saya itu, terkadang dua duanya membesar, pernah juga hanya salah satu saja yang mebesar dan satunya mengempis. apakah saya perlu operasi, dok? Sejauh ini saya tidak merasa terganggu dengan adanya amandel saya ini, akan tetapi terus terang saja saya khawatir karena kemarin sore saya melihat di pangkal tenggorokan saya ada sesuatu yang tumbuh. sesuatu itu berwarna putih dan kira-kira sebesar biji petai. apakah itu ama, dok? mungkinkah itu sel kanker? Mohon bantuannya, dok.. terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  Terimakasih atas pertanyaan Anda.

 

Amandel atau dikenal dengan nama tonsil merupakan salah satu jaringan limfoid yang berlokasi di mulut atau di kedua sisi dari faring. Fungsi dari tonsil adalah melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan dengan cara membantu tubuh memproduksi sel-sel limfosit untuk membantu melawan infeksi.

Tonsil akan membesar manakala sedang terjadi proses peradangan atau infeksi. Radang tonsil tidak selalu diatasi dengan operasi. Radang tersebut apabila disebabkan oleh bakteri maka akan diberikan antibiotik, kemudian antiradang, dan banyak minum air hangat. Apabila tonsil mengecil dengan obat-obatan maka tidak akan menjadi masalah karena dia merupakan salah satu pertahanan tubuh yang akan membesar karena infeksi dan mengecil apabila infeksinya hilang. Jadi tidak semua radang tonsil harus dioperasi.

Namun apabila tonsil terus membesar dan menutup jalan napas maka sebaiknya tidak terus dibiarkan karena berbahaya. Operasi amandel (tonsil) atau tonsilektomi dilakukan apabila ditemukan indikasinya, diantaranya yaitu :

  1. Hipertrofi atau pembesaran tonsil yang sudah menutup dan menyebabkan sumbatan jalan napas. Gejalanya diantaranya adalah obstructive sleep apneu yaitu kondisi berhentinya bernapas secara tiba-tiba kala sedang tidur karena pembesaran tonsil atau mendengkur
  2. Radang pada tonsil yang berulang karena infeksi atau serangan tonsilitis 4-5 kali atau lebih dalam 1 tahun dengan terapi yang adekuat
  3. Tonsil merupakan fokal infeksi atau mengandung kripta-kripta atau mengalami abses peritonsilar (penumpukan nanah di sekitar tonsil)
  4. Sulit menelan akibat tonsil yang sangat besar dengan kripta

Kami tidak dapat memastikan penyebab pembesaran amandel yang Anda alami, namun kami menyarankan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. 

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda:

Komplikasi Radang Amandel

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO).


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar