Sukses

Terapi Suntik untuk Keloid?

20 Oct 2014, 10:42 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok,saya mau menanyakan tentang keloid setelah saya lihat postingnya di fb. Apakah berbahaya atau ada efek samping melakukan suntik keloid,dan seberapa efektif kah suntikan tersebut bisa mengurangi/menyamarkan bekas.Karena saya merasa minder,malu, gak percaya diri ada keloid pada kaki saya pasca operasi karena mengalami patah tulang. Mohon penjelasannya ya dok, terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan anda. Apakah yang Anda maksud adalah terapi keloid dengan injeksi steroid? Injeksi steroid memang umumnya merupakan terapi pertama pada keloid. Terapi ini dapat mengurangi dan bahkan pada beberapa kasus menghilangkan keloid. Berbagai penelitian menunjukkan peningkatan efektivitas bila terapi injeksi steroid ini digabungkan dengan terapi lain. 

Beberapa efek samping yang dapat timbul dengan terapi ini antara lain hipopigmentasi (warna kulit daerah injeksi menjadi lebih pucat), hiperpigmentasi (warna kulit daerah inkjeksi menjadi lebih gelap), atrofi jaringan, dll. Hipopigmentasi dapat menjadi normal kembali (dalam jangkan waktu 1 tahun), tapi atrofi lemak dapat menjadi permanen. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar