Sukses

Trigliserida Tinggi

20 Sep 2013, 03:59 WIB
Wanita, 43 tahun.
saya memiliki masalah kesehatan terkait dg trigleserida yg susah turun dan cenderung naik, dari 400 menjadi 600 dlm mkurun waktu 4 bulanan, saya sdh mulai mengurangi makanan berminyak namun lambat juga penurunannya. Mohon advis dan tips utk sukses menurunkan trigleserida. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kadar trigliserida Anda saat ini sangat tinggi. Trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan dapat merupakan tanda sindrom metabolik. Sindrom ini merupakan kombinasi tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, terlalu banyak lemak pada pinggang, kadar HDL rendah, dan trigliserida tinggi. Keadaanini meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan strok.

Penyebab trigliserida yang tinggi antara lain obesitas, diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, hipotiroidisme, penyakit ginjal, minum alkohol, kuranganya aktivitas fisik. Cara menanganinya adalah dengan diet dan perubahan gaya hidup: menjaga berat badan dalam rentang normal, mengurangi lemak dan gula dari makanan/minuman, lebih aktif, berhenti merokok dan minum minuman beralkohol. Faktor genetik juga dapat mempengaruhi kadar trigliserida yang tinggi. 

Dari data yang Anda berikan, indeks massa tubuh Anda adalah 25,8 dan masuk dalam kategori berat badan berlebih. Kurangi berat badan, tingkatkan aktivitas fisik, dan atur diet Anda. Pemberian obat kolesterol juga dapat menjadi pilihan saat ini. Kami menganjurkan Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi yang menyeluruh serta pilihan terapi yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar