Sukses

Perawatan Kulit Selama Hamil

20 Sep 2013, 05:47 WIB
Wanita, 30 tahun.
Siang Dok, saya seorang ibu menyusui bayi 5 bln , saya mau melakukan perawatan wajah memakai cream perawatan wajah. tetapi saya masih ragu karena takut didalam cream-cream tersebut ada kandungan zat2 berbahaya bagi tubuh semisal merkuri / hidroquinon. yang mau saya tanyakan pengaruhnya/ bahayanya terhadap bayi saya seandainya saya memakai cream perawatan tersebut. mohon penjelasanya dan terimakasih sebelumnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Sebetulnya tidak ada aturan khusus untuk produk perawatan kulit selama kehamilan. Kecuali memang produk tersebut mengandung zat-zat seperti yang ibu sebutkan di atas. 

Memang dapat banyak terjadi kelainan kulit pada saat kehamilan. Pada saat hamil juga jumlah kelenjar sebasea semakin meningkat. Hal ini termasuk perubahan yang fisiologis, dan akan kembali lagi seperti keadaan sebelum hamil setelah masa kehamilan dan menyusui berakhir. Daerah kemaluan adalah daerah yang cukup lembab karena lokasinya dan selalu tertutup. Bila memang sebelumnya jenis kulit Ibu berminyak maka memang daerah yang lembab dan berminyak akan semakin berminyak, juga makin banyak timbul komedo. Untuk itu Ibu perlu memperhatikan kebersihan daerah tersebut. Sebaiknya daerah-daerah yang lembab dan berminyak dibasuh dan dibersihkan dengan air namun tidak dengan menggunakan pembersih yang mengandung astringent. Selain itu, pigmen-pigmen melanin juga akan meningkat produksinya sehingga banyak timbul pewarnaan kulit pada Ibu hamil. 

 

Untuk perawatan kulit (vitamin C, kolagen) sebaiknya ditangguhkan selama masa kehamilan dan menyusui. Sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat di masa kehamilan dan menyusui. Tidak semua perawatan kulit dapat digunakan pada masa kehamilan dan menyusui.

 

Demikian informasi yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar