Sukses

Membersihkan Telinga

04 Sep 2013, 22:08 WIB
Wanita, 22 tahun.
Halo dok, saya mau tanya. Kotoran kuping saya jenisnya kering. Sulit sekali untuk dibersihkan. Bila menggunakan cotton bud kadang yang tertarik hanya serpihan kotoran yang tipis. Saya pernah mengalami ketika kepala saya gerakan terasa ada bunyi "bep". Saya berasumsi, entahlah saya merasa kotoran kuping sudah menggumpal. Jadi mungkin itu sebabnya ketika saya menggerakkan kepala, si kotoran kuping yang menggumpal tersebut tergesek/menyentuh dinding kuping sehingga bunyinya "bep". Apakah ke"sok tahuan" saya itu benar dok? Jika dibersihkan ya hanya serpihan tipis. Dan jika terlalu dalam saya memasukan cotton bud kuping saya terasa sakit. Pernah suatu hari saya ke apotik untuk membeli obat tetes, karena dulu sewaktu kecil saya pernah diberikan obat itu oleh ibu saya. Namun ternyata harus menggunakan resep dokter. Hal ini tidak mengganggu pendengaran saya sih. Hanya saja gemas dan dongkol karena susah sekali untuk dibersihkan. Apakah ada solusinya dok? Dan apakah ada obat pencair kotoran kuping yang tidak menggunakan resep dokter dan dapat dibeli bebas di apotik? Terim akasih atas perhatiannya dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum melakukan penanganan tertentu, sebaiknya Anda memeriksakan telinga Anda ke dokter. Dokter akan menggunakan alat otoskop untuk melihat ke dalam liang telinga Anda, apakah terdapat sumbatan kotoran telinga atau kotoran telinga yang bergumpal. Setelah itu, dokter akan menentukan penanganan yang tepat apakah dengan diberikan obat tetes untuk melunakkan kotoran atau dengan melakukan irigasi telinga.

Sebaiknya Anda tidak membersihkan telinga sendiri. Jika ingin membersihkan telinga, sebaiknya meminta pertolongan orang lain atau dengan mengunjungi dokter untuk prosedur ekstraksi kotoran telinga.

Saya sertakan artikel berjudul

"Membersihkan Telinga"

untuk informasi lengkap Anda mengenai kotoran telinga dan kebersihannya.

 

 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar