Sukses

Bentol-Gatal saat Hamil

19 Oct 2014, 17:54 WIB
Wanita, 31 tahun.
dok, saya sedang terlambat menstruasi sekitar 5 hari, kemaren saya tes urin pake tespeck yang saya beli di apotik hasilnya 2 setrip (+) tapi setripnya masih samar, jadi saya masih menunggu beberapa hari lagi untuk memastikan. beberapa bulan yang lalu ketika saya masih memprogram kehamilan saya mengkonsumsi susu persiapan hamil(prenagen esensis), selain itu juga asam folat & vit e,1 butir per hari, tapi belum habis 1 setrip asam folat saya mengalami gatal2 & bentol2, rasanya panas di kulit,lalu konsumsi asam folat & susu persiapan hamil semenjak gatalnya sering kambuh, 2 ato 3 hari sekali, hingga terkadang bibir saya jontor. sehingga kadang saya bingung makanan apa yg menyebabkan alergi. jika kambuh saya mengkonsumsi incidal, kemudian saya ke dokter spkk, diberikan loratadine agar lebih aman untuk program hamil. beberapa hari yang lalu saya minum kembali susu persiapan hamil, kemudian kambuh lagi, hingga saya tidak kuat lagi kemudian saya minum loratadine. saya harus bagaimana? sedangkan asam folat sangat penting bagi perkembangan janin mengingat ini adalah kehamilan perdana saya. apakah saya harus ke dokter kandungan dulu atau dokter spkk?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya ucapkan selamat dan semoga kabar baik tersebut semakin pasti dalam pemeriksaan berikutnya beberapa hari ke depan. Berdasarkan keluhan Ibu, apa yang Ibu alami dalam dunia medis disebut dengan urtikaria dan angioedema. Gejala bentol-bentol yang gatal dan panas nampaknya merupakan urtikaria atau dalam bahasa awam disebut dengan biduran. Sedangkan, bibir yang jontor nampaknya merupakan angioedema. Keduanya disebabkan karena alergi. 

Untuk menemukan penyebab alergi Anda memang diperlukan wawancara medis mendetil dan bila perlu dilakukan uji tusuk dan uji cukit kulit terhadap bahan-bahan yang mencurigakan. Menurut Anda, bahan yang mencurigakan adalah susu dan asam folat. Alergi karena asam folat memang biasanya jarang, namun tidak menutup kemungkinan. Bisa juga, Anda alergi terhadap bahan pelengkap asam folat tersebut. Untuk itu sebaiknya untuk sementara, Ibu tidak mengkonsumsi lagi susu maupun asam folat yang Ibu miliki. Konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan Ibu untuk alternatif mengganti jenis susu maupun produk asam folat lainnya. Sementara itu, memang sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebab alergi Anda.

Semoga nantinya kehamilan dan proses persalinan Anda berjalan dengan lancar. Untuk panduan selama masa kehamilan, Anda dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar