Sukses

Kepuithan Sebelum Haid

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 22 tahun.
Halo dokter, saya wanita usia 22 tahun, sudah pernah melakukan hubungan intim. Haid saya kadang tidak lancar, kadang juga lancar. Jika sedang tidak lancar, sakitnya bukan main. Bisa membuat seluruh badan keluar keringat dingin dan ngos-ngosan. Penglihatan sampai berkunang-kunang seperti mau pingsan. Tanggal haidpun telat bisa sampai sembilan hari. Tapi jika sedang lancar, tidak merasa sakit sama sekali. Bahkan tanggal haidpun tepat, tidak kurang atau telat seharipun. Bulan lalu haid saya yang seharusnya tanggal sembilan, telat sekitar lima hari. Lalu bulan ini baru tanggal empat saya mendapati keputihan kental sekali dan berwarna kecoklatan. Apakah itu artinya dok? Apakah hanya keputihan menjelang haid? Ataukah merupakan tanda penyakit berbahaya? Dan apakah tingkat stres berpengaruh dok? Terimakasih atas perhatiannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kecemasan Anda. Keluhan Anda adalah keputihan yang sangat kental dan berwarna kecoklatan. Karena keluhan Anda baru saja terjadi hari ini, saran saya Anda memperhatikan apakah keluhan terus berlanjut atau tidak. Bila baru terjadi hari ini, keluhan Anda dapat saja merupakan keputihan yang terjadi sebelum haid. Jika keluhan terus berlanjut dan haid tidak kunjung datang, saya sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung. Apakah Anda sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya?

Siklus haid sendiri sebenarnya dapat terlambat atau maju 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh yang dipengaruhi oleh aktivitas, kadar stres, asupan nutrisi, dll. Sedangkan untuk keluhan nyeri haid Anda, apakah terjadi pada hari-hari pertama haid? Atau setelah hari pertama haid dan berlangsung lama? Apakah disertai mual, muntah atau diare?

Bila keluhn berlanjut maa sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter, mungkin diperlukan pemeriksaan langsung pada organ genital Anda dan perlu juga dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap cairan keputihan Anda, juga USG perut. Diagnosis segera akan membantu Anda mendapatkan penanganan yang tepat segera.

Saya sertakan artikel:

5 Penyebab Keputihan pada Wanita.

9 Tips Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar