Sukses

Apakah Saya TBC?

19 Oct 2014, 12:20 WIB
Pria, 27 tahun.
Dok, saya pernah medical check up sebanyak 4 kali, 2 kali saya didiagnosa tuberculosis dan 2 kali dinyatakan fit... sementara saya tidak merasakan gejala seperti yang diderita oleh penderita tuberculosis pada umumnya... pertanyaan saya, apakah diagnosa tersebut mutlak atau ada kemungkinan-kemungkinan lain...?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

 

 

 

 

 

 

 

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Saya mengerti dengan kecemasan Anda. Penyakit TBC merupakan penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Gejala utamanya adalah batuk berdahak yang tidak sembuh selama lebih dari 3 minggu baik sudah diobati maupun belum. Selain mengeluh batuk berdahak yang tidak sembuh, penderita TB biasanya juga memiliki gejala-gejala penyerta lainnya, seperti :

  • Demam yang tidak terlalu tinggi, terutama di malam hari. Demam ini dapat berlangsung terus menerus, dapat juga hilang timbul
  • Terdapat keringat malam
  • Penurunan berat badan
  • Badan terasa lelah dan lemas
  • Batuk berdahak kadang disertai dengan darah.

 

Apakah Anda mengalami gejala-gejala tersebut? 

Apakah pada pemeriksaan medical check up Anda terdapat pemeriksaan dahak 3 kali?

 

 

 

 

 

 

 

Selain hasil wawancara medis, untuk menegakkan diagnosis TB perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan dahak 3x dan pemeriksaan foto rontgen dada untuk kemudian disimpulkan hasilnya. Bagaimana dengan hasil pemeriksaan kesehatan Anda? Apa hasil pemeriksaan dahak 3 kali, rontgen dada dan pemeriksaan darah Anda?

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar