Sukses

Batuk pada perokok

20 Oct 2014, 08:19 WIB
Pria, 24 tahun.
jawaban dari 6 pertanyaan dokter : 1.pernah berobat kedokter dan katanya hanya batuk pilek biasa. 2. Belum pernah dilakukan pemeriksaan laboratorium. 3.dilingkungan saya tidak ada yang memiliki batuk pilek lama cuman ada yang alergi debu. 4. dikeluarga saya tidak ada yang memiliki riwayat asma. 5. ya saya merokok, satu hari bisa habis 1-2 bungkus 24 jam. 6.ya batuk saya berdahak, yang paling sering menghasilkan dahak itu pada saat bangun tidur dan dahaknya berwarna agak kehitaman. kira-kira ini cuman batuk biasa atau jenis penyakit lain dok,? dan apakah ini diperlukan tanggapan yang serius dok.? terima quasi
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Bila anda memang perokok (apalagi anda dapat merokok 1 -2 bungkus dalam sehari), memang merupakan faktor resiko terjadinya beberapa penyakit seperti :

1. PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) merupakan suatu paru yang merupakan gabungan dari beberapa penyakit paru yaitu bronchitis, asthma dan emfisema. Dimana pada penyakit ini terjadi akumulasi cairan, dan perubahan ketebalan pada dinding paru-paru dan sistem pernafasan lainnya. 

2. Bronkiektasis merupakan suatu penyakit pada paru-paru yang ditanda dengan pelebaran dari saluran pernafasan. 

3. Kanker paru merupakan suatu keganasan pada paru-paru.

4. Bronchitis yaitu suatu proses infeksi dan peradangan pada saluran paru-paru 

Namun dapat juga disebabkan oleh infeksi seperti Tuberkulosis (terdapat flek pada paru-paru) ditandai dengan batuk tiak sembuh-sembuh, suka muncul demam tanpa sebab, sulit naiknya berat badan, tidak ada nafsu makan, serta sering berkeringat kalau malam. 

Kami sangat menyarankan anda segera konsultasi dengan dokter specialis penyakit dalam atau specialis paru-paru. Sebab sepertinya anda memerlukan pemeriksaan X-Ray pada paru-paru anda, terutama anda menyebutkan bahwa dahak anda bewarna kehitaman sebab takutnya ada pendarahan pada paru-paru atau saluran pernafasan anda. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar