Sukses

Kista Ovarium

03 Sep 2013, 13:48 WIB
Wanita, 43 tahun.
Mohon penjelasan dan advis utk mengatasinya. Berdasarkan hasl USG sekitar 2 tahun yll, pada kedua indung telur saya ada kista, saya belum menikah, maka saya tdk berani utk operasi. Pada satu bln terakhir ini jelang datang bulan indung teur kiri terasa panas n nyeri.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru.

Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut kiri bawah yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Apakah Anda sudah menemui atau berkonsultasi dengan dokter sebelumnya, seperti saat cek darah dan tes urin?

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Posisi perut di kiri bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ kewanitaan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras). Selain itu juga, dapat juga terdapat masalah pada indung telur, misalkan kista indung telur.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik khususnya pada perut dan organ kewanitaan. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan untuk melakukan USG untuk memastikan gangguan yang ada.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (EA).

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar