Sukses

Perih pada perut

18 Oct 2014, 17:11 WIB
Wanita, 21 tahun.
siang dokter. saya mau tanya masalah maag saya ini dok. sebelumnya maag saya sampai sesak nafas parah, rasanya tidak ada oksigen yang masuk di sertai kembung dan sakit di ulu hati. perlahan kondisi saya membaik, tidak sesak dan terlalu kembung lagi. namum sekarang lambung saya sering perih, perihnya setelah 2 jam makan. kalau sudah makan perihnya berkurang, namun kambuh 2 jam kemudian. penyebabnya apa ya dok? apa bisa maag ini sembuh dengan tidak kambuhnya perih seperti orang normal umumnya, setidaknya perut lapar setelah 4 jam makan. terima kasih sebelumnya dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sakit maag dalam dunia medis disebut dengan Dispepsia. Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasa nya terus-menurus. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri atau gangguan ini. Tidak ada perbedaan jenis kelamin, laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hal ini. 1 diantara 4 orang pasti mengalami hal ini.
 
Di bawah ini beberapa gejala yang sering terjadi:
  • Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)
  • Rasa penuh di perut bagian atas
  • Kembung
  • Rasa panas di daerah dada
  • Mual
  • Muntah
  • Sering bersendawa
 
Dari beberapa indikasi diatas, kemungkinan nyeri panas di dadalah yang memicu Anda menimbulkan sensasi sesak. Namun mengenai nyeri pada punggung Anda yang bersamaan hadir dikala gejala dispepsia tersebut muncul, perlu diperiksakan kembali. 
 
Obat-obatan biasanya  dapat menangani gangguan ini. Apabila anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotic dapat diberikan. Bila dokter curiga obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan, maka akan diberikan obat lain. 
Obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung.
 
Dokter akan menyarankan untuk melakukan endoskopi (alat berbentuk tabung yang didalamnya terdapat kamera yang dimasukkan melalui mulut ke lambung anda) bila; 
  • Anda masih mengalami nyeri setelah diberikan obat selama 8 minggu.
  • Nyeri hilang sesaat lalu timbul kembali.
Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Sebagai contoh, apabila gangguan terjadi dibawah pusar biasanya organ tubuh yang terganggu adalah kerongkongan, lambung, usus 12 jari, atau kantung empedu. Tidak menutup kemungkinan bila gangguan terjadi diatas pusar, organ-organ diatas terlibat juga.

 
Ulkus lambung adalah perlukaan terbuka pada lapisan dalam lambung. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ulkus lambung, diantaranya adalah peningkatan asam lambung karena merokok, stres, faktor genetik, dan dapat juga disebabkan oleh bakteri (misalnya Helicobacter pylori) atau obat-obatan yang menyebabkan melemahnya lapisan lendir pelindung lambung sehingga asam lambung bisa menembus lapisan di bawahnya.

Pemakaian NSAIDs (non-steroid anti inflammatory drugs, obat anti peradangan non-steroid) berlebihan juga dapat menyebabkan kelainan saluran pencernaan dan perdarahan. Alkohol dan merokok dapat memicu terbentuknya ulkus. Selain itu, kopi, teh, soda dan makanan yang mengandung kafein dapat merangsang pelepasan asam lambung dan memicu terbentuknya ulkus.

Pengobatan ulkus lambung terdiri atas penghambat H2 (misalnya ranitidin, famotidin dan cimetidin). Pada ulkus yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, akan diberikan terapi antibiotik. Masa penyembuhan biasanya memerlukan waktu selama 8 minggu, tetapi nyeri biasanya akan menghilang setelah beberapa hari. Meskipun gejalanya telah mereda, obat harus diminum sampai habis agar infeksi benar-benar reda. 

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Tips Cegah Tukak Lambung

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (EA)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar