Sukses

Perasaan tidak enak pada dada kiri

20 Oct 2014, 06:06 WIB
Pria, 20 tahun.
maaf sblmnya dok saya punya keluhan... daerah dada kiri atas kdang terasa sakit dan jantung berdebar".... dan saya kdang" jga menarik nafas sangatlah berat kyk gak bsa nafas, pdhl saya tidak pernah merokok, kira" apa yg saya alami dok .... saya pernah periksa tp dokter bilang gak ad apa". tp skrng sakitnya mulai sering terjadi.... oya dok ad 1 lg saya sering bngt bersendawa... itu saja yg ingin saya tanyakan .... trimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Nyeri pada dada bagian kiri dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan pada tulang, otot, jaringan-jaringan pada dada kiri, ataupun kelainan pada organ-organ pada dda kiri seperti kelainan pada jantung, paru-paru, atau lambung. Untuk memastikan terdapat kelaian apa pada dada kiri anda harus dilakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan tubuh anda dengan memeriksa dada ada, serta pemeriksaa EKG (rekam irama jantung)  sekaligus untuk melihat apakah ada kelaina pada jantung anda untuk menyingkirkan sebab dari rasa berdebar-debar anda atau pemeiksaan foto Xray dada.

Bila anda sudah melakukan pemeriksaan ini namun masih terdapat keluhan mungkin juga disebabkan oleh otot. Yang perlu ditanyakan, bagaiamana kegiatan fisik anda sehari-hari? apakah ada proses awal yang memicu timbulnya nyeri dada kiri? 

Apakah anda ada keluhan mual? nyeri perut yang dirasakan seperti perih pada perut? kalau dilihat dari keluhan anda yang sering bersendawa mungkin juga anda menderita pernyakit maag. Penyakit maag terkadang dapat memanipulasi sehingga menyebabkan nyeri dada kiri, perasaan sesak. Yang anda dapat lakukan adalah coba dulu untuk merubahan pola makan, kurangi makanan pedas, kopi, teh, soda, serta makanan yang mengandung gas sepert sawi dan kol. Coba jangan telat makan, dan hindari makan yang terlampau banyak, konsumsi makanan sedikit-dikit namun sering. Konsumsi nasi, sayur dan buah. Bila keluhan masih ada, coba konsumsi obat maag seperti anatasida atau golongan H2 blocker seperti ranitidine, atau golongan PPI seperti omeprazole. 

Bila masih terdapat keluhan ada baiknya ada memeriksakan diri ke dokter specialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar