Sukses

Sesak Nafas

05 Sep 2013, 11:51 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, sdh seminggu belakangan ini saya merasakan sesak nafas, seperti ingin menarik nafas tapi tidak bisa sampai lega seperti ada yang mengganjal di bagian dada, sungguh menggangu. Sesak nafas ini dahulu sekitar 2 tahunan yang lalu pernah saya rasakan tetapi lebih karena terlalu banyak beban pikiran dan menahan emosi., setelah masalah selesai sesak nafas hilang begitu saja. Sekarang saya tidak terlalu banyak beban pikiran dan jauh lebih santai tapi entah mengapa seminggu yang lalu sesak nafas ini tiba2 saya rasakan sampai hari ini. Saya sudah mencoba obat asma yang ada di pasaran namun hanya meringankan tidak sampai menghilangkan rasa mengganjal tersebut. Sdh 2 hr saya minum obat batuk herbal, yg berefek setiap habis makan/mandi, tenggorokan saya seperti ada dahak yg susah keluar. Dok, kira2 ada masalah apa ya dengan pernafasan saya ini? mohon penjelasanya. Terima kasih Sela (23thn/163cm/68kg)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah keluhan dirasakan setiap kali bangun tidur/beristirahat/malam hari/beraktivitas? Adakah saat lain dimana keluhan dirasakan juga? Setelah apa keluhan dirasakan berkurang? Apakah anda sedang batuk atau pilek? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti demam,nyeri dada,atau lain sebagainya? Kapan saja keluhan dirasakan bertambah parah atau berkurang? Apakah sudah pernah coba diobati?bagaimana reaksinya setelah coba diobati? Apakah anda merokok?

Tanya jawab di forum ini tidak dapat menggantikan pemeriksaan klinis yang dilakukan secara langsung oleh dokter. Untuk menegakan diagnosa diperlukan anamnesa,pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan untuk menegakan diagnosa. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan jika anda memeriksakan diri langsung ke dokter. Tidak bisa mendiagnosa penyakit hanya dari informasi yang anda berikan saat ini. Keluhan sesak nafas dapat berkaitan dengan saluran pernapasan dan sistem persarafan, dapat juga berkaitan dengan sistem kardiovaskuler (jantung) atau sistem pencernaan. Jadi kami sarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter jika keluhan dirasa sangat mengganggu sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi diri anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (NO)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar