Sukses

Blighted Ovum

05 Sep 2013, 10:39 WIB
Pria, 40 tahun.
Selamat siang dok, saya mau bertanya untuk istilah BO (Blighted Ovum), 2 minggu yang lalu istri saya periksa di dokter kandungan dan di vonis BO, padahal 2 minggu sebelumnya periksa ke dokter janin sudah keliatan dan usianya 8 minggu. Kami shock dan terpukul setelah mendengar hasil pemeriksaan bahwa janin tidak berkembang dan harus di kuret (perlu di ketahui istri saya tidak ada pendarahan atau vlek sama sekali. hanya bebrapa minggu sebelum pemeriksaan pertama kehamilan dia pernah jatuh) akhirnya beberapa hari kemudian istri saya di kuret. Yang akan saya tanyakan adalah: 1. Apakah penyebab BO, apakah dari virus, apakah jatuh bisa menyebabkan BO 2. apakah untuk kehamilan berikutnya tidak akan ada kelainan lagi? 3. Apakah yang harus kami lakukan untuk pencegahan supaya tidak terjadi BO, untuk kehamilan berkutnya 4. kapan istri saya mulai bisa hamil lagi setelah proses kuret. terima kasih. Mugi-bekasi
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Dalam keadaan normal, disaranakan boleh hamil lagi setelah 3 bulan atau menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi. Setelah mengalami keguguran dan dikuret, dianjurkan agar Anda menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. orang yang pernah mengalami blighted ovum  masih dapat hamil dengan normal pada kehamilan berikutnya. Yang perlu Anda dan istri lakukan saat ini adalah mempersiapkan kehamilan berikutnya dengan lebih baik, yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan untuk:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Adapun bahan makan sumber asam folat adalah sayur-sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dsb.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang semoga dapat bermanfaat untuk anda : 

Merencanakan Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Asam Folat

6 Makanan Wajib Untuk Ibu Hamil
 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO).

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar