Sukses

Jadwal Haid Berubah

20 Oct 2014, 06:38 WIB
Wanita, 23 tahun.
selamat pagi dokter.. di tiap bulannya saya mengalami menstruasi setiap tanggal 15.. namun semenjak memakai pembalut a**il (maaf bukan bermaksud apapun) siklus bulanan saya menjadi tidak teratur. bulan maret, april, mei, juni saya menstruasi tgl 15, lalu bulan juli mundur tgl 27, nah untuk bulan agustus malah sekarang saya belum menstruasi. apakah itu berbahaya dokter? biasanya seminggu sebelum menstruasi payudara saya agak bengkak dan pegal tapi untuk bulan ini tidak sama sekali. apakah itu pengaruh pembalut atau apa ya dokter? saya sangat mengharap jawaban dokter. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kecemasan Anda. 

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat atau maju 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh yang dipengaruhi oleh aktivitas, kadar stres, asupan nutrisi, dll. Adakah faktor tertentu yang saat ini sedang Anda alami yang dapat mengakibatkan gangguan siklus haid Anda? 

Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

 

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Penggunaan pembalut tidak mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Saat ini, Anda sebaiknnya memantau dan mencatat siklus menstruasi Anda. Jika gangguan siklus menstruasi tetap terjadi, saya sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar