Sukses

Keluar cairan dari telinga

29 Aug 2013, 22:13 WIB
Pria, 27 tahun.
salam sejahtra dok, saya punya keluhan tentang teliga, kedua telinga saya setiap hari mengeluarkan cairan, kalau pagi mengeluarkan cairan kuning pekat dan kehijauan, kalau siang mengeluarkan cairan bening itupun setelah dibersihkan dan kalau malam hari cairan itu tidak keluar, dulu waktu saya masih berumur 12 tahun saya pernah dirujuk ke dokter spTHT, saya diberi obat tetes, stlah diberi obat cairan it tdak kluar lagi.. tp waktu saya mandi dikolam renang, cairan itu perlahan keluar hingga saat ini.. saya sebenarnya malu sama orang disekeliling saya, mau periksa lagi saya malu dok, menurut dokter apakah sakit saya ini sudah parah apa tidak karena sudah berlangsung lama dok, kira-kira 25tahun cairan itu keluar dari kedua telinga saya. mohon solusinya, sarannya dok, kurang lebih itu saja dok, terima kasih banyak dok,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda mengalami congek, atau dalam dunia medis disebut OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah  infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Apakah saat ini ada cairan yang keluar dari telinga Anda? Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap derajat kerusakan gendang telinga yang saat ini terjadi pada telinga Anda dan juga untuk menuntaskan infeksi yang mungkin masih terjadi pada telinga Anda.

Untuk hargam setiap rumah sakit memiliki kebijakan yang berbeda, Anda mungkin dapat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah atau Rumah Sakit Pemerintah untuk harga yang lebih terjangkau.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar