Sukses

Sumbangan Darah

19 Oct 2014, 03:24 WIB
Pria, 20 tahun.
dok saya mau tanya apakah yang di maksud menyelamatkan anak yang terkena kanker darah dengan emngandung lagi ?? lalu darah anak yang baru lahir tersebut diberikan kepada anak yang terkena kanker darah... maksudnya apa dok ??? apakah bisa berhasil ?? apakah anak yang baru lahir tersebut setelah di donorkan akan meninggal ??? makasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Maaf bu? apakah yang dimaksud stem cell atau bukan?

Ya, memang bisa seperti itu, jadi anak yang baru lahir akan menolong anak yang terkena kanker untuk beberapa materi tubuhnya yang terkena oleh kanker, seperti darah, sel-sel pada sum-sum tulang, organ-organ seperti ginjal, dan lainnya. Memang terdapat kecenderungan berhasil namun materi genetisnya sebaiknya sama dengan anak yang terkena kanker sebab bila tidak dikhawatrikan terjadi penolakan oleh tubuh. 

Keberhasilan tidak bisa kita tentukan sebab setiap tubuh manusia berbeda-beda, bisa saja terjadi penolakan bisa juga berhasil. Apakah anak yang baru lahir itu  akan meninggal atau tidak tergantung dari banyak hal, seperti tindakan apa yang diakukan, usia berapa dilakukan tindakan tersebut dan beberapa hal.

Sebaiknya bila anda ingin penjelasan lebih lanjut tanyakan kepada dokter yang menyarankan anda. 

Kalau menurut saya bila resiko kematian dan komplikasi tinggi untuk anak yang baru lahir maka saya sarankan sangat kasihan anak yang baru lahir itu. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar