Sukses

Typhoid

20 Oct 2014, 02:04 WIB
Pria, 20 tahun.
apa typus jg menyebabkan flu dok,lalu apkah boleh mnum kloramfenikol dan ranitidine?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Typhoid disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Gejala flu dapat disebabkan oleh banyak hal seperti virus flu, bakteri lain atau alergi. Influenza yang sebenarnya dapat disebabkan oleh virus influenza dan beberapa jenis kuman saluran pernafasan, bukan kuman yang sama dengan typhoid. 

Kuman Salmonella typhi tidak menyebabkan flu, namun ada beberapa keluhan tidak khas pada penyakit typhoid yang memimikasi gejala infeksi flu seperti batuk, nyeri tengorokan. Namun apabila ada terinfeksi oleh typhoid, keluhan yang muncul adalah biasanya demam serta gangguan pencernaan seperti mual, muntah, kembung, mencret atau susah BAB, terkadang ada pegal dan nyeri sendi, munculnya merah-merah pada kulit serta gangguan lainnya. 

Untuk pengobatan typhoid ada berbagai macam antibiotik, memang kloramfenikol adalah lini pertama pengobatan, namun oleh karena ada beberapa orang yang muncul efek samping akibat kloramfenikol maka ada beberapa antibiotik alternatif seperti ciprofloksasin, levofloksasin, cefixime, TMP - SMX dan lainnya. Namun memang menurut beberapa jurnal, antibiotik dengan keefektifan paling baik ada jenis ciprofloksasin dan levofloksasin. Harap sebelum penggunaan antibioitk anda dapat konsultasi dahulu ke dokter umum atau dokter specialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan lengkap pada anda, sebab pengobatan typhois tidak boleh main-main, dan untuk mendiagnosa penyakti ini diperlukan pemeriksaan darah.

Untuk penggunaan ranitidine, boleh dapat anda konsumsi sebab itu adalah obat untuk mengurangi gejala pada perut anda akibat infeksi banteri salmonela typhi. 

 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar