Sukses

Dampak perceraian bagi anak perempuan

30 Aug 2013, 12:05 WIB
Pria, 55 tahun.
Apa pengaruh bila orang tua seorang wanita mengalami kegagalan rumah tangga ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Tidak diragukan, perceraian pasangan memang memiliki dampak negatif terhadap setiap pihak yang terlibat, termasuk di dalamnya adalah anak-anak. Perceraian umumnya didahulu dengan banyak konflik dan pertengkaran. Terkadang pertengkaran tersebut masih dapat ditutupi dari anak, namun tidak jarang anak dapat melihat dan mendengar pertengkaran tersebut. Pertengkaran orangtua, apapun alasannya akan membuat anak takut, sedih dan bingung. Mereka tidak pernah suka melihat kedua orangtuanya bertengkar. Anak dapat menjadi pemurung dan prestasinya menurun. Ditambah dengan masalah perebutan hak asuh anak, yang membuat anak bingung dan merasa bersalah bila memilih salah satu dari kedua orangtuanya.

Ketika kedua orangtuanya bertengkar, seringkali orangtua akan mengabaikan anak-anaknya dan akibatnya anak-anak akan merasa kurang diperhatikan dan bila dibiarkan dapat berujung ke hal-hal yang negatif, namun kembali lagi tergantung individu masing-masing dan pola asuh orangtua. 

Seorang wanita yang memiliki orangtua yang bercerai, apapun masalah dan penyebabnya, kemungkinan besar akan mengalami trauma dan berpandangan skeptis tentang suatu lembaga pernikahan. Wanita tersebut dapat menjadi trauma, menutup diri dan takut menjalani bahtera rumah tangga karena takut hal yang dialami oleh kedua orangtuanya akan dialami oleh dirinya di masa depan. Terlebih lagi jika penyebab perceraian orangtuanya adalah karena faktor orang ketiga, seringkali sang wanita akan memiliki ketakutan berlebih terhadap pria dan sulit mempercayai pria. Namun hal tersebut tergantung dari pengendalian diri sang wanita juga. Apabila sang wanita mampu mengendalikan dirinya dan berfikir positif bahwa dirinya harus lebih baik dari orangtuanya, maka hal tersebut tidak akan banyak berpengaruh.

Bahkan bila ditilik dari sisi positifnya, jika setelah perceraian orangtuanya sang wanita bisa melihat ibu nya survive dan dapat berjuang menjalani hidup sendiri, maka hal tersebut dapat berdampak positif pada sang wanita. Ia akan terbentuk menjadi sosok yang tangguh, mandiri dan tidak lemah. 

Berikut kami sertakan pula artikel yang mungkin bermanfaat bagi Anda:

Perceraian, Solusi Terbaikah?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO).

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar