Sukses

Bengkak pada ketiak

16 Oct 2014, 20:18 WIB
Wanita, 18 tahun.
Hallo Dokter, saya pelajar berumur 18 tahun. Baru kemarin ketika bangun tidur saya merasakan bengkak tepat di ketiak saya sebelah kanan. Hari itu bengkaknya sangat terasa. saya merapatkan lengan atas ke tubuh saja sudah terasa seperti ada yang mengganjal. ketika di tekan rasanya nyeri. tapi kalau diperhatikan, kelihatannya tidak terlalu bengkak. bengkak nya seperti dari dalam. lalu pagi ini saya dibawa orangtua ke rumah sakit. bengkak nya memang sudah tidak terlalu terasa, tapi ketika ditekan dokter (untuk diperiksa) masih terasa sakit. dokter berkata ini hanyalah pembengkakan kelenjar. yang saya ingin tanyakan, kenapa kelenjar ini bisa membengkak? apa ini tandanya daya tahan tubuh saya menurun? memang sejak kepulangan saya dari USA, saya mesti begadang beberapa hari berturut-turut untuk mengejar pelajaran di sekolah. tapi saya belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. dokter yang kami kunjungi adalah dokter umum. bukan dokter spesialis. beliau memberikan saya Cefadroxil dan Stanza Mefenamic Acid. saya mengerti stanza digunakan untuk mengurangi nyeri. tapi cefadroxil? bukannya cefadroxil digunakan untuk infeksi oleh bakteri? apakah sudah pasti pembengkakan kelenjar biasanya disebabkan oleh bakteri? menurut dokter, apa yang sebaiknya saya lakukan? apa lebih baik saya ke spesialis? kalo iya, spesialis apa? saya juga masih belum yakin dengan obat yang diberikan jadi saya belum makan. mohon penjelasan dan bantuannya. terima kasih banyak
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pertama-tama kami perlu mengajukan beberapa pertanyaan: Apakah bengkak yang Anda maksud adalah benjolan? Jika ya, bagaimana karakteristik benjolan tersebut (apakah kenyal? mobile? nyeri bila ditekan? bagaimana dengan warnanya? apakah kemerahan? sewarna dengan kulit?)? Apakah Anda mengalami keluhan lain seperti demam? Bagaimana reaksi Anda dengan pengobatan yang telah didapatkan? Apakah membaik?

Kami tidak dapat memastikan penyebab dari keluhan Anda tersebut karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang (jika dibutuhkan).

Mungkin saja keluhan yang Anda alami disebabkan oleh pembengkakan kelenjar, jika memang dokter telah memeriksa dan dokter mendiagnosis karena pembengkakan kelenjar, maka pengobatan yang diberikan sudah tepat. Karena pembengkakan kelenjar umumnya disebabkan oleh infeksi sehingga dibutuhkan terapi berupa antibiotik. Dalam kasus Anda, jika memang benar terjadi infeksi, mungkin saja disebabkan oleh daya tahan tubuh Anda yang menurun akibat sering bergadang.

Jika setelah pengobatan habis dan selesai namun keluhan yang Anda rasakan tidak berkurang, kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO).

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar