Sukses

Berhubungan Seksual pada Menopause

01 Sep 2013, 11:06 WIB
Pria, 48 tahun.
Salam sejahtera, Saya sudah berkeluarga dan dikaruniai 2 anak, yang pertama usia sudah 17 tahun yang kedua 13 tahun, istri saya sekarang sudah memasuki masa menopause, yang ingin saya tanyakan masih bisakah saya berhubungan badan dengan istri yang sudah masuk ke masa itu. Saya sudah berkonsultasi dengan istri untuk maksud saya itu, tapi dia tidak berani melakukannya karena khawatir sakit dibagian V nya. Maka saya menunda maksud saya. Yang ingin saya tanyakan adakah cara untuk mengatasi rasa sakit dibagian V itu ketika berhubungan, bisakah dengan sejenis pelumas atau apa itu nama, asal tidak menimbulkan efek samping lain (aman). Saya mohon rekomendasi dari Dokter untuk hal ini, terimakasih sebelumnya.Wss.wr.wb
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Tampaknya istri Anda mengalami gejala kekeringan pada vagina akibat  turunnya kadar hormon estrogen pada masa menopause. Gejalanya adalah kering dan gatal pada vagina atau iritasi dan atau nyeri saat bersenggama.

Penggunaan cairan lubrikasi berbahan dasar air atau pelumas vagina yang dijual bebas di pasaran dapat membantu Anda mengatasi kekeringan pada vagina istri Anda. Penggunaan krim pengganti estrogen yang digunakan dengan mengusapkannya pada vagina juga dapat membantu, untuk krim ini biasanya diresepkan oleh dokter.

Akan tetapi bila setelah melakukan cukup foreplay dan aplikasi cairan pelumas, istri Anda masih mengalami nyeri dan kekeringan pada vagina, kami sarankan sebaiknya Anda segera menyarankan istri Anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal. 

Berikut adalah artikel tentang pertanyaan Anda:

Menopause

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar