Sukses

Anak Sering Buang Air Besar

18 Oct 2014, 22:13 WIB
Wanita, 1 tahun.
siang dok, saya ingin bertanya. saya punya anak umur kurang 1 thn. sekarang dia pupi lebih dari 1X. untuk pupi yang ke-2 dan selanjutnya agak encer. anak saya biasa2 aj, tidak demam, main seperti biasa, tidak lemas atau malas. bagaimana ya dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Sayang sekali Anda tidak memberikan data lebih lanjut mengenai BAB anak Anda, terutama mengenai frekuensi/hari dan warna apakah hijau atau seperti biasa kemudian baunya amis atau seperti BAB pada umumnya.

Definisi diare adalah BAB cair > 3 kali. BAB sering juga tergantung dari banyaknya asupan makanan, apabila lunak (tidak cair) namun masih di bawah 3x/hari maka tidak ada masalah.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika perubahan frekuensi BAB pada bayi Anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter anak. Kemudian Anda juga melihat aktivitasnya, apakah bayi Anda masih aktif atau tidak. Langkah selanjutnya adalah melihat air seninya, apakah bayi Anda BAK seperti biasa atau berkurang. Yang harus diwaspadai pada anak kecil apabila terjadi diare adalah dehidrasi atau kekurangan cairan yang dapat secara objektif dilihat melalui jumlah BAK yang berkurang dalam sehari. Apabila bayi Anda lemas, aktivitasnya berkurang, dan BAK sedikit maka Anda perlu waspada.

Apabila keluhan tersebut terus berjalan dan tampaknya tidak membaik atau disertai dengan keluhan lainnya, segera kunjungi dokter spesialis anak terdekat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar