Sukses

Penanganan Asma

01 Sep 2013, 05:10 WIB
Wanita, 27 tahun.
Apakah penyakit Asma bisa disembuhkan? Saya menderita alergi turunan orang tua, sejak kecil setiap cuaca dingin awalnya batuk-batuk, kulit kaki gatal (terutama telapak dan betis depan), kalau pakai selimut atau jaket, yang ada keringetan banyak, lalu sampai sesak nafas. Biasanya tidak dikasih obat juga sembuh cuma butuh waktu lama dan tidak bisa tiduran/baringan, harus duduk. Kalau pagi/malam kena air dingin, di kamar mandi akan batuk2 seperti TBC. Dulu waktu kecil, kata dokter saya ada fleg hitam di paru-paru. Saya tidak merokok. Tapi suka minum es. Yang mau saya tanyakan, bagaimana caranya agar saya kebal terhadap cuaca dingin? Apakah ada solusinya? Dan apakah asma itu bisa tidak ketergantungan obat? Mohon solusinya. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma. Pada dasarnya, asma merupakan suatu reaksi alergi yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu yang individual. Pada Anda, nampaknya asma Anda dicetuskan oleh suhu dingin. Oleh sebab itu hindarilah situasi dimana ANda terpapar suhu dingin, contohnya sedapat mungkin selalu mandi dengan air yang suhunya hangat, hindari minum es terlalu banyak, biasakan memakai jaket atau baju tambahan bila cuaca lingkungan dingin.

Bila Anda sudah memiliki pengobatan maka Anda perlu mengkonsumsi obat-obatan Anda. Bila asma Anda kambuh, dan berat, Anda harus mengunjungi dokter untuk pengobatan inhalasi segera. Dokter akan mengevaluasi kondisi dan derajat asma Anda dan memberikan obat yang sesuai, termasuk obat pengendali asma yang diperlukan pada penderita asma sedang-berat.

Berikut saya sertakan artikel untuk panduan informasi lengkap Anda:

Pengetahuan Praktis Tentang Asma

18 Cara Cegah Asma Kambuh

Asma A-Z

Demikian informasi yang disampaikan. Semoga bermanfaat. [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar