Sukses

Kista pada Langit-langit Mulut

20 Oct 2014, 04:03 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok saya mau tanya, kira2 3 bulan yg lalu gigi bagian depan saya sakit, gigi tersebut mmg berlubang dan sdh ditambal, setelahn3 hari gigi itu sakit, pada bagian langit2 belakang gigi tersebut timbul benjolan dan menjadi bengkak. saya periksa ke dokter gigi yg dianggap beramasalh dibuka, ktny agar bengkakny kempes, lalu saya diberi obat minum, dan diminta foto rontgen. bbrp hari minum obat, bebgkak itu mengeluarkan cairan nanah, bengkakny kempes tp tetap ada benjolan dilangit2 saya.selama masa pemeriksaan dgn dokter itu gigi saya dibirakan terbuka, tanp ditutup dgn kapas dan obat. 1 bulan kemudian benjolan itu bengkak lg, saya pergi ke dokter yg lain, dan diminta utk foto ulang, dr sana dokter blg kl itu adalah kista dan lebarny sdh hampir mengenai jaringan sinus, jd saya diminta utk operasi. apakah operasi itu hrs mencabut giginy? kl misal dicabut apa ada cara utk menggantikan gigi depan saya? karena saya bekerja sbg front liner, jd tidak mgkn kl gigi depan ompong, terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Sdr/Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Berdasarkan keterangan Anda, kemungkinan yang terjadi adalah kista periapikal yang disebabkan karena infeksi gigi seri rahang atas. Apabila kista yang terbentuk masih belum luas atau belum terlalu parah, maka dapat dirawat dengan melakukan tindakan yang disebut perawatan saluran akar. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mensterilisasi kuman yang terdapat pada saluran akar gigi dan jaringan penyangga gigi sehingga diharapkan kista dapat mengecil. Namun tingkat keberhasilan dari perawatan ini pada kasus kista periapikal relatif rendah, yang berarti kista membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengecil atau tidak sama sekali.

Pada sebagian besar kasus kista periapikal yang diperkirakan tidak akan berhasil dengan perawatan saluran akar, maka kista harus diambil dengan tindakan bedah minor. Terkadang, tindakan bedah disertai dengan pengambilan gigi yang terlibat, dalam kasus Anda adalah gigi seri atas yang sudah pernah ditambal tersebut. Gigi yang sudah dicabut dapat digantikan dengan gigi tiruan. Kehilangan satu gigi di daerah depan umumnya digantikan dengan gigi tiruan yang disebut mahkota jembatan (crown and bridge), yaitu mahkota tiruan yang dicekatkan ke gigi di sebelah gigi yang hilang menggunakan semen kedokteran gigi. Gigi tiruan jenis ini tidak dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien, dan dapat memuaskan secara fungsional dan estetik terutama yang terbuat dari kombinasi logam-porselen.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Apabila masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar