Sukses

Nyeri Ulu Hati: Jantung atau Maag?

19 Oct 2014, 22:23 WIB
Pria, 20 tahun.
selamat pagi dok, dok beberapa hari kemarin saya mempunyai gejala nyeri di punggung lalu dilanjutkan ke dada,saat bangun tidur dada kiri terasa sakit, ulu hati nyeri,sy kuatir sy terkena jantung. sy ke dokter didiagnosa asam lambung naik. tp itu tidak disertakan pemeriksaan penyakit jantung seperti cek darah dll. lalu sy mulai merubah pola hidup. nah dok saat sy berlari ulu hatu sy terasa seperti ada airnya dan agak kaku rasanya. itu kenapa dok ? dan kira2 sy lebih condong terkena penyakit apa dok? apakah hanyaa magh, atau jantung :( . trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh beberapa hal, melihat dari gejala Anda tampaknya memang nyeri tersebut timbul akibat gangguan pada lambung Anda. Kekakuan yang Anda rasakan adalah respon akibat meningkatnya cairan asam lambung pada lambung Anda sehingga hal ini mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Peningkatan asam lambung yang Anda alami kemudian menyebabkan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman di perut yang di dunia medis disebut dispepsia. Dispepsia juga dapat disertai dengan gastritis atau peradangan/iritasi pada dinding lambung.

Pada orang yang mengalami keluhan akibat peningkatan asam lambung, maka sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok dan stress juga dapat  merangsang produksi asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari. 

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah mengadopsi pola makan dan gaya hidup yang sehat, selain juga terus berkonsultasi dengan dokter Anda. Pengobatan kondisi Anda dapat memakan waktu sebentar atau juga butuh waktu panjang, jangan putus asa dan komunikasikanlah kekhawatiran Anda dengan dokter Anda.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjelaskan kondisi Anda:

Dispepsia

Gastritis

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar