Sukses

Kesehatan gigi pasien paska stroke

20 Oct 2014, 10:10 WIB
Pria, 45 tahun.
Mohon masukannya Dokter, ibu saya pasien pasca stroke dan sudah mendapatkan izin homecare dari pihak RS, namun belum dpt berkomunikasi dan harus memakai sonde, yang ingin saya tanyakan : saat ini sebagian gusinya berubah warna menjadi putih kekuningan seperti sariawan tidak kecil tetapi meluas sampai ke bibir atasnya .... apakah memang benar sariawan dan bagaimana perawatannya? karena terus terang selama ini saya jarang membersihkan mulut beliau. Tks.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bpk/Sdr. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Penyakit stroke yang terjadi pada pasien lanjut usia menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh, dan menyebabkan keterbatasan fisik pasien. Dampak terjadinya stroke pada daerah mulut dan wajah diantaranya adalah kelumpuhan satu sisi pada otot-otot wajah, bibir, dan dapat terjadi juga pada lidah dan langit-langit mulut. Kelumpuhan ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi bicara dan penelanan. Oleh karena itu pasien paska stroke sangat membutuhkan bantuan dari anggota keluarga atau perawat khusus yang dapat membantu pasien dalam menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.

Mengenai keluhan yang Anda ceritakan pada gusi ibu Anda yang tampilannya seperti sariawan, perlu dicermati hal-hal berikut. Apakah selama ini ibu Anda menggunakan gigi tiruan? Jika iya, apakah gigi tiruan rajin dibersihkan dan dilepas saat malam hari? Kemudian, obat-obatan apa saja yang diminum selama ini?

Ada jenis obat-obatan yang diberikan pada pasien stroke yang memiliki efek samping yaitu menyebabkan mulut kering (dry mouth). Kondisi ini, dikombinasi dengan kebersihan mulut yang buruk, dapat meningkatkan resiko terjadinya karies (lubang) gigi dan pertumbuhan jamur kandida (Candidiasis). Ditambah lagi jika pasien adalah pengguna gigi tiruan lepasan yang tidak rajin dibersihkan. Tampilan candidiasis adalah selaput berwarna putih yang luas pada jaringan lunak mulut dan bisa jadi inilah yang terjadi pada ibu Anda. Untuk memastikannya tentu membutuhkan pemeriksaan yang lebih lanjut. Ada baiknya jika kondisinya sudah semakin sehat dan kuat, ibu Anda dibawa ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung. Mengingat kondisinya yang cukup kompleks, sebaiknya pemeriksaan dilakukan oleh dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM). Sementara itu, untuk penjagaan kebersihan mulutnya di rumah, bantu ibu Anda untuk menyikat giginya dengan sikat gigi yang kecil untuk memudahkan karena biasanya pasien stroke sulit membuka mulut lebar. Selain itu dapat dibantu dengan obat kumur, namun hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan mulut semakin kering.Baca terlebih dulu kandungan aktif obat kumur yang tertera pada kemasan. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha, M.Si

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar