Sukses

Syarat kesehatan gigi untuk mendaftar polisi

20 Oct 2014, 11:10 WIB
Pria, 19 tahun.
Dok, saya mau nanya saya ingin mendaftar polisi tp masalahnya gigi depan saya yg bagian bawah sudah rusak atau mati padahal untuk menjadi polisi harus memiliki gigi yang sehat atau mati. Pertanyaan saya, apakah saya tetap bisa diterima walau gigi saya yang rusak sudah diganti dengan gigi palsu permanen ataupun dgn implan gigi?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Sdr/Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Menurut informasi yang saya dapatkan, salah satu persyaratan untuk menjadi polisi adalah gigi geligi dalam kondisi sehat dan baik. Calon pendaftar yang memiliki gigi yang rusak atau persyarafan gigi sudah mati (non vital) masih memiliki kesempatan, asalkan gigi yang rusak sudah diperbaiki, baik dengan penambalan atau dengan pemasangan gigi tiruan. Gigi yang sudah mati harus dirawat terlebih dulu dengan tindakan yang disebut perawatan saluran akar. Setelah perawatan selesai baru gigi diperbaiki hingga menyerupai gigi asli seperti semula.

Meski demikian ada beberapa kondisi gigi yang dapat memberatkan kelulusan tes, di antaranya gigi geligi yang tumpang tindih/berjejal,  gigi depan yang terlalu maju (tonggos), atau banyak gigi yang sudah hilang/dicabut  kecuali seluruh gigi yang hilang sudah diganti dengan gigi tiruan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha, M.Si

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    1 Komentar

    • Imam Sihabul

      Dok kalau seandainya mau daftar polisi tapi giginya open bite gimana? Kira" gigi open bite itu nilainya berapa