Sukses

Ingin Anak Laki-Laki

26 Aug 2013, 23:37 WIB
Wanita, 43 tahun.
Trimakasih. website ini sangat membantu saya dan mungkin masyarakat lainnya. saya mau bertanya. apabila ingin mempunyai anak laki-laki,sebaiknya apa yang harus dilakukan suami/istri? misalnya dari segi pola makan. apakah suami/istri harus banyak makan sayuran atau buah-buahan? trimakasih atas bantuan serta informasinya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami senang dapat membantu, semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan terpercaya.

Konsumsi makanan tidak memberi pengaruh terhadap penentuan jenis kelamin anak Anda.

Secara ilmiah, penelitian hingga saat ini menemukan bahwa yang memegang kendali dalam menentukan jenis kelamin anak adalah sperma dari suami. Laki-laki memiliki kromosom seks jenis X dan Y. Sel telur perempuan memiliki dua kromosom seks yang sama, yaitu X dan X. Sehingga bila dalam hubungan intim, sperma X yang membuahi sel telur maka terjadilah pertemuan kromosom X dengan X, sehingga yang didapat adalah bayi perempuan. Sedangkan, jika sperma Y yang membuahi sel telur, maka terjadilah pertemuan antara kromosom X dan Y, dan didapat bayi laki-laki. 

Ilmu ini dalam mewujudkan keinginan jenis kelamin anak hanya dapat ditempuh dengan metode inseminasi buatan atau bayi tabung, dan keberhasilan dari angka kehamilan dengan bayi tabung baru 30%. 

Namun, apabila ingin mencoba untuk memiliki anak laki-laki disarankan untuk berhubungan seksual pada saat ovulasi atau keluarnya sel telur dari indung telur. Ovulasi terjadi 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya plus minus 1 hari. Hal ini disebabkan karena sel sperma yang mengangkut genetik-Y (laki-laki) dapat berenang lebih cepat menuju sel telur namun tidak dapat bertahan lama di dalam saluran reproduksi wanita. Berbeda dengan sel sperma yang mengangkut genetik-X (perempuan) yang berenang lebih lambat namun mampu bertahan lebih lama di dalam saluran reproduksi wanita.

Perlu diingat bahwa peristiwa kehamilan dan penentuan jenis kelamin janin adalah kuasa dari sang Pencipta dan manusia hanyalah sebagai fasilitator di dalamnya. Sehingga, kembali lagi, segala sesuatunya dikembalikan kepada kuasa Sang Pencipta yang memberikan kehidupan.

Salam sehat selalu bagi Anda dan keluarga.

Demikian informasi yang dapat  disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar