Sukses

Gigi depan anak tinggal sisa akar

20 Oct 2014, 08:04 WIB
Pria, 5 tahun.
Dear Klik Dokter, Dok, gigi depan anak saya sudah habis.. Tinggal akarnya saja. Pada saat berusia 4 tahun, ketika saya bawa ke dokter gigi, katanya tidak perlu dilakukan pencabutan.. Karena nanti juga akan copot dengan sendirinya. Namun hingga kini berusia 5,3 tahun.. Belum ada gigi yang copot. Bahkan ada gigi yang tumbuh baru no 25, menembus gusi bagian depan. Karena gigi lamanya yang tinggal akar tak kunjung copot. Apakah keputusan saya untuk kembali mencopot semua gigi yang tinggal akarnya ada benar? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bpk/Ibu. yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Sepertinya anak Anda mengalami "nursing bottle caries", dengan ciri khas semua gigi insisif (gigi seri) rahang atas anak mengalami karies sehingga mahkota gigi rusak dan tinggal sisa akar. Penyebabnya adalah karena dibiasakan minum susu botol hingga anak tertidur, sehingga sisa susu menggenang di permukaan gigi dalam jangka waktu lama selama anak tidur. Sisa susu ini sangat kondusif bagi bakteri, hingga akhirnya terjadi karies.

Rata-rata gigi insisif anak akan digantikan oleh gigi permanennya saat anak berumur kurang lebih 6 tahun. Pergantian gigi susu menjadi gigi permanen akan terus berlanjut hingga anak berusia kurang lebih 12-13 tahun.  Meski akan digantikan oleh gigi permanen, gigi susu anak sebetulnya harus tetap dirawat dan sebisa mungkin bertahan di dalam mulut hingga waktunya gigi permanennya tumbuh. Alasannya, gigi susu yang sehat dibutuhkan supaya anak bisa mengunyah dengan nyaman dan optimal. Selain itu, sama halnya dengan karies pada gigi permanen orang dewasa, karies pada gigi susu anak pun akan menimbulkan keluhan dan ketidaknyamanan pada anak. Hal ini dapat membuat anak rewel, sakit, dan sulit makan. Bisa juga terjadi abses (seperti bisul yang berisi nanah) pada gusi di sekitar gigi yang berlubang akibat infeksi gigi yang menjalar hingga ke jaringan lunak di sekitar gigi.

Jika sudah ada gigi permanen yang tumbuh, sementara gigi susunya belum tanggal, maka ada baiknya gigi susu tersebut dicabut agar tidak tumpang tindih dengan gigi penggantinya. Jika sisa akar gigi susu sudah goyang maka pembiusan cukup dilakukan dengan mengaplikasi obat bius topikal yang berbentuk seperti gel atau spray pada gusi di sekitar gigi yang akan dicabut. Namun jika belum  goyang sama sekali, maka pencabutan mungkin membutuhkan obat bius yang bekerja lebih kuat, dengan cara disuntikkan ke gusi. Oleh karena itu sebaiknya anak Anda perlu diberi penjelasan yang cukup terlebih dulu di rumah agar tidak takut saat sudah duduk di kursi gigi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha, M.Si

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar