Sukses

Kulitku Menghitam, Mengapa?

07 Apr 2015, 13:29 WIB
Pria, 17 tahun.

dok kalau kulit hitam karena terkena sinar matahari bisa kembali lagi ngga? caranya bagaimana? waktu kecil saya putih,tp sekarang kulit saya hitam.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Warna kulit dapat berubah dengan adanya perubahan kandungan pigmen. Perubahan warna kulit yang menyeluruh akibat perubahan kandungan pigmen dapat diakibatkan antara lain oleh bertambahnya pigmen, pigmentasi karena penyakit lain, deposit pigmen karena adanya logam dan obat.

Kelainan kulit yang diakibatkan karena bertambahnya kandungan pigmen melanin di kulit dinamakan hipermelanosis. Hipermelanosis dapat menyebabkan kulit menjadi coklat dan abu-abu tergantung pada lokasi melanin di lapisan kulit yang mana. Pembentukan melanin dapat dipicu salah satunya dengan pajanan sinar matahari.

Perubahan kandungan pigmen akibat pigmentasi karena penyakit lain salah satu contohnya adalah yang dikenal dalam dunia medis dengan homokromatosis. Homokromatosis dapat dilihat sebagai pigmentasi menyeluruh dan terutama pada muka dan bagian lengan, punggung tangan, serta daerah genital. Homokromatosis ditandai dengan adanya pigmentasi, diabetes mellitus, dan hepatomegali, sering disertai dengan kelainan jantung, dan sirosis hati. Pigmentasi yang terjadi pada homokromatosis disebabkan oleh penumpukan melanin, besi, atau keduanya. Bila disebabkan oleh melanin berwarna perunggu, dan bila disebabkan oleh besi tampak warna abu-abu.

Perubahan warna kulit akibat logam berupa pigmentasi akibat adanya penumpukan logam yang dibawa melalui aliran darah atau akibat penggunaan obat luar. Beberapa contoh logam yang dapat menimbulkan gejala ini adalah perak nitrat, bismut, merkuri, emas. Perubahan warna pada penumpukan logam perak nitrat, bismut dan merkuri berwarna keabuan. Sedangkan merkuri berwarna coklat dan abu-abu. Beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan gejala ini adalah minoksiklin, klorpromasin, dan klofazimin. 

Perubahan warna kulit juga ada yang berbentuk bercak-bercak namun tidak menyeluruh. Seperti pada melasma, lentigo, dan efelid. Melasma adalah bercak yang umumnya simetris berwarna coklat muda sampai coklat tua, mengenai daerah kulit yang terpajan matahari. Lentigo adalah bercak coklat atau coklat kehitaman berbentuk bulat atau memiliki bentuk pinggiran yang sambung menyambung antara satu bercak dengan lainnya. Efelid atau freckles adalah bercak berwarna coklat terang yang timbul pada kulit yang sering terpajan matahari. Efelid lebih sering terjadi pada orang yang berkulit putih.

Penanganan untuk kasus hipermelanosis dapat dilakukan dengan usaha pencegahan dan pengobatan. Usaha pencegahan dapat dilakukan dengan perlindungan terhadap sinar matahari. Penderita diharuskan menghindari pajanan langsung sinar ultraviolet terutama antara jam 09.00-15.00. Sebaiknya jika keluar menggunakan payung atau topi lebar. Selain itu menggunakan tabir surya yang tepat. Pemakaian tabir surya dianjurkan 30 menit sebelum terpajan matahari. Pengobatan dapat dilakukan dengan pengobatan oles, minum, dan tindakan khusus seperti pengelupasan kimiawi dan bedah laser.

Untuk mengetahui apakah keluhan bercak yang Anda rasakan merupakan melasma, efelid, lentigo atau menyeluruh akibat dari pajanan matahari atau dari perubahan kandungan pigmen yang lain, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit kelamin.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar