Sukses

Gigi Tidak Rata

17 Oct 2014, 06:46 WIB
Wanita, 21 tahun.
saya memiliki gigi yang tidak rata, yang atas 2 gigi tengahnya maju sementara samping-sampingnya rapi. saya merasa 2 gigi yang maju itu bertambah maju. sampai kadang ketika bangun tidur meninggalkan sakit di langit-langit bibir. sementara gigi bawah saya yang tengah tidak rata juga, karena gigi satu gigi bawah tumbuh sebelum gigi bayi saya copot. bagaimana solusi untuk keadaan gigi saya tersebut ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 
Ibu/ Sdri yang terhormat, 
 
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.
Susunan gigi yang tidak rata dapat diperbaiki dengan perawatan orthodontik, atau yang biasa dikenal sebagai kawat gigi atau behel. Perawatan orthodontik bertujuan untuk merapikan susunan gigi yang tidak rata serta  mengembalikan fungsi pengunyahan yang normal, memperbaiki cacat muka/asimetri wajah dan rasa sakit yang mungkin terjadi akibat gigitan yang tidak seimbang karena susunan gigi yang tidak rata.
 
Perawatan ini dapat dilakukan oleh dokter gigi umum pada kasus-kasus yang ringan, namun pada kasus yang lebih rumit dengan kelainan pasien yang berat sebaiknya ditangani oleh dokter gigi spesialis orthodontik (drg, Sp.Ort). Saya sama sekali tidak menyarankan pemasangan kawat gigi oleh tukang gigi, karena perawatan ini beresiko cukup tinggi jika dilakukan oleh seseorang tanpa bekal ilmu medis yang memadai. 
Mengenai rasa sakit di langit-langit bibir ketika bangun tidur, perlu ditelusuri lebih lanjut apa penyebab yang sesungguhnya. Oleh karena itu ada baiknya Anda pergi ke dokter gigi di dekat tempat tinggal Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu anda.
 
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar