Sukses

Sudut Bibir Luka dan Pecah-pecah

20 Oct 2014, 10:16 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok, makasih sebelumnya atas jawabannya di pertanyaan saya yg lalu, kali ini saya mau bertanya tenntang sariawan dok, sudah 3 hari saya sariawan si luar mulut tepatnya di pojok sisi kiri dan kanan bibir saya dok,lukanya menganga/tekelupas cukup lebar sehinnga perih saat terkena air selain itu ,kulit bibir saya kering pecah-pecah dan terkadang terkelupas di daerah atas dan bawah bibir saya. apakah ini sariawan dok? atau ini salah satu tanda kanker mulut, karena ini sariawannya ga seperti biasanya dok? terus obat yang tepat untuk mengobati sariawan ini dok? terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri/Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com
Pertama-tama perlu saya singgung terlebih dulu bahwa lesi/luka di rongga mulut sangat beragam, dan banyak di antaranya memiliki tampilan yang serupa. Namun jika mengacu kepada keterangan Anda, kemungkinan yang terjadi adalah Angular Cheilitis (peradangan di sudut mulut), yang dapat diawali oleh beberapa faktor sebagai berikut:
- dehidrasi / kekurangan asupan cairan
- kekurangan asupan vitamin
- kondisi tubuh yang tidak fit/lemah
- memiliki kebiasaan sering menyentuh bibir dengan jari, menggigit-gigit bibir atau jari, kuku, atau pensil dll
- kebersihan gigi dan mulut yang buruk
Faktor tersebut di atas dapat mempermudah bibir terpapar oleh bakteri dan jamur yang terdapat di dalam mulut, dan memungkinkan perkembangbiakan bakteri dan jamur terutama di sudut mulut. Daerah tersebut merupakan daerah yang lembab dan memiliki pergerakan yang sangat tinggi setiap kali mulut membuka atau menutup dan kondusif bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Lama kelamaan, kulit bibir menjadi terkelupas dan menimbulkan luka kemerahan yang menganga.

Pada sebagian besar kasus, Angular Cheilitis dapat sembuh dengan sendirinya namun seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan luka yang sudah setengah kering menjadi terbuka kembali setiap bibir bergerak membuka/menutup. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda dapat mencoba berbagai langkah berikut:
- Perbanyak asupan cairan, dan konsumsi vitamin terutama vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga mempercepat penyembuhan luka
- Hindari menjilat-jilat bibir, karena alih-alih membuat bibir kering menjadi lembab, menijlat bibir justru membuat air liur menumpuk yang semakin kondusif bagi pertumbuhan jamur
- Lindungi luka dari air liur dan lingkungan mulut dengan mengaplikasikan luka dengan gel yang mengandung ekstrak aloe vera, atau gel petroleum jelly.

Jika Angular Cheilitis tidak sembuh dalam waktu 2 minggu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi atau ahli dermatologi, karena jika luka disebabkan bakteri , jamur, atau keduanya maka mungkin dibutuhkan obat topikal antibiotik atau anti jamur.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar