Sukses

Penyembuhan Total Operasi

21 Aug 2013, 18:00 WIB
Pria, 23 tahun.
dok saya mau tanya. luka opeerasi berapa lamakah sembuh totalnya...?? saya baru saja sudah operasi fisura anus sudah 1 bulan setengah, dan hingga sekarang luka sudah sembuh dan sudah menutup. tapi knapa masih terasa seidikt sakit pada bekas operasi jika tergesek celana dda ntertekan...???? kemaren saya sdah konsul ke dokternya dan sdah 5 kali dia bilang selalu tidak apa2. saya jadi cemas.. berapa lama senbuh totalnya luka operasi ini dok,, apakah yag saya alami ini baik2 saja..??? (kasih saja judulnya nanti (PENYEMBUHAN TOTAL OPERASI). biar saya tidak bingung mencarinya jika sudah dijawb dok,, maksih....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Kami sudah menjawab pertanyaan Anda beberapa kali dengan judul "Bekas Luka Operasi Anus", "Bekas Luka Operasi". Jika bekas luka operasi Anda sudah menutup semua, tidak ada infeksi dan tidak ada komplikasi keadaan luka dan dokter sudah memeriksa dan tidak menemukan ada kelainan maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. 

Berapa derajat nyeri yang rasakan dari skala 1-10? Nyeri yang Anda rasakan mungkin saja tergolong dalam nyeri psikologis, yaitu nyeri yang Anda rasakan karena adanya kekhawatiran tertentu terhadap kondisi bekas luka operasi Anda. Untuk itu sebaiknya, selain Anda memeriksakan luka operasi Anda ke dokter, mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, Anda juga perlu menenangkan dan meyakinkan diri Anda bahwa luka operasi Anda sudah menutup dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Bekas luka operasi biasanya menyembuh secara total dalam jangka waktu 3-6 bulan. Selama masa penyembuhan luka tersebut, juga diperlukan perawatan yang baik. Termasuk menjaga agar buang air besar Anda tidak sulit dan keras.

Jika dokter sudah memeriksa dan tidak menemukan adanya masalah maka Anda perlu menenangkan dan meyakinkan diri Anda bahwa tidak ada masalah dengan bekas luka operasi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar