Sukses

Tidak Sadar Sesaat

19 Oct 2014, 04:49 WIB
Pria, 57 tahun.
Dear dokter Sekitar 3 minggu lalu dari kantor saya pulang. Jalan menuju pulang menjuju kearah timur. Setelah beberapa saat saya baru sadar bahwa jalan yang saya tempuh buklan ke arah timur tetapi menuju ke selatan. Saat saya sadar itu menuju ke arah selatan,jadi selama beberapa menit saya tidak sadar (bukan pingsan). Antara kesadaran saya akan ke timur dan setelah saya sadar ternyata saya berjalan kearah selatan kurang-lebih 300 meter. Selama itu saya dalam keadaan tidak melihat jalan (menurut istilah saya, saya tidak sadar karena saya tidak melihat jalan sama sekali). Apa kira-kira yang terjadi pada saya ? Logikanya jalan 300 meter tanpa saya menyadari kenapa saya bisa jalan tanpa menabrak ? Usia saya 57 tahun. Pernah menderita stroke ringan (sadar tapi saya tidak mengenali keluarga, kondisi, dimana saya) Terima kasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Mengingat usia dan riwayat stroke Anda, ada beberapa hal yang memang dapat menyebabkan keluhan Anda, yaitu demensia (pikun) atau TIA (Transient Ischemic Attack). TIA (Transient Ischemic Attack) merupakan serangan akut neurologis yang diakibatkan karena hambatan aliran darah pembuluh darah otak. Gejalanya dapat berupa kelemahan tubuh satu sisi, kesemutan, kehilangan penglihatan, sulit berbicara, tidak sadar tiba-tiba, lupa dalam suatu waktu atau kebingungan yang terjadi tiba-tiba. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga 24 jam. TIA merupakan faktor risiko untuk terjadinya stroke maupun stroke ulangan.

Bagaimana dengan aktivitas harian Anda? Apakah Anda dapat melakukan aktivitas harian Anda dengan baik? Apakah ada kesulitan dalam melakukan aktivitas harian?

Saya sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan saraf lengkap dan pemeriksaan fungsi memori untuk memastikan kondisi kesehatan Anda dan mengantisipasi terjadinya stroke ulangan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar