Sukses

Flavonoid Turunkan Kolesterol dan Gula darah?

20 Oct 2014, 05:17 WIB
Wanita, 23 tahun.
dokter, saya membaca artikel kalau flavonoid dalam teh dan rempah dapat menurunkan kolesterol dan gula darah. lalu apakah penderita sakit jantung, hipertensi, stroke bisa bebas makan makanan yang mengandung lemak jenuh asal mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoid? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari/Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Flavonoid adalah senyawa alami yang terdapat dalam kebanyakan buah dan sayur, termasuk teh. Flavonoid dalam beberapa tahun terakhir mulai populer dan banyak diteliti karena manfaatnya bagi tubuh. Manfaat yang didapatkan tersebut sebagian besar karena sifat flavonoid yang anti-oksidan dan mampu mengikat radikal bebas.

Efek penurunan kolesterol dan gula darah sebenarnya bukanlah yang utama, karena hasil penelitian mengenai hal ini belum dapat digeneralisasikan untuk populasi umum. Akan tetapi penurunan risiko penyakit kardiovaskuler seperti sakit jantung, hipertensi dan stroke memang ditemukan pada konsumsi flavonoid.

Bagi orang-orang yang sudah mengalami gangguan seperti sakit jantung, stroke dan hipertensi hal yang utama adalah mencegah perburukan dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Hal ini mencakup menghindari makanan dengan kandungan lmeak tinggi dan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Sehingga bukan berarti bahwa dengan konsumsi flavonoid maka makanan tidak perlu dijaga. Justru sebaliknya, hindarilah makanan yang kurang sehat dan mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar