Sukses

Perih saat berkemih

17 Aug 2013, 02:03 WIB
Pria, 21 tahun.
asss.... kenapa ya dok ketika saya buang air kecil terasa panas, dan tidak seperi biasanya ketika banyak minum air putih saya sering buang air kecil tapi kalo sekarang wlopun banyak minum tapi gak sering buang air kecil malah sekali buang air kecil saat buangnya terasa panas... kira kira itu apa sebabnya ya dok ??? nb : sebelumnya sering nahan kencing, apakah itu efek dari nahan kencing apa bukan, mohon penjelasannya,, terima kasih dok.. wass...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter


 

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Keluhan sakit saat buang air kecil biasanya berkaitan dengan infeksi saluran kemih. Sejak kapan keluhan ini Anda rasakan? Infeksi saluran kemih juga biasanya disertai dengan keluhan anyang-anyangan, suka kebelet (urgensi), dan terkadang dapat disertai dengan perubahan warna kencing menjadi kemerahan.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter umum, perlu dilakukan pemeriksaan kencing (urinalisis), untuk mengetahui apakah telah terjadi infeksi saluran kemih (ISK), dan kemudian dapat segera diobati dengan antibiotik.

SK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dikarenakan anatomi uretra pada wanita yang lebih pendek sehingga memudahkan bakteri masuk ke saluran kemih. Beberapa faktor risiko yang memudahkan seorang wanita dewasa terkena ISK adalah pemakaian diafragma, hubungan seksual menggunakan kondom dengan spermisida, lokasi mulut uretra yang dekat dengan vagina serta anus (banyak bakteri), dan uretra wanita yang pendek.

Untuk memperrcepat penyembuhan ISK adalah dengan banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. 

Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anda:

  • selalu minum 1,5-2L/hari, 
  • jangan menahan berkemih, 
  • membasuh dari depan ke belakang alat kemaluan ketika selesai berkemih, 
  • membersihkan alat kemaluan sebelum berhubungan seksual, dan 
  • hindari pemakaian pembersih vagina seperti douche karena dapat mengiritasi saluran kemih.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar