Sukses

Berat Badan Janin

19 Aug 2013, 17:14 WIB
Wanita, 26 tahun.
ass, wr, wb dok, saya sedang mengandung usia kandungan 7 bulan, kemarin saat saya USG 4 dimensi berat janin 1300 gram dan panjang 32 cm, yang mau saya tanyakan kenapa berat bayi saya segitu? padahal BB saya naik 15 kg, yang kedua apakah tidak apa2 kalo saya USG tiap bulan? kemudian vitamin minyak ikan baru saya konsumsi setelah usia kehamilan 7 bulan, tapi dari usia kehamilan pertama saya sudah mengkonsumsi susu hamil dan juga vitamin asam folat. terima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Untuk usia kandungan 7 bulan, berat badan janin Anda masih dalam batas normal. Kenaikan berat badan Anda selama kehamilan terdiri mencakup berat plasenta, cairan ketuban, peningkatan aliran darah dan cairan, retensi air dalam tubuh, lemak tubuh, serta rahim. 

Tidak seperti pemeriksaan sinar x (foto rontgen), pemeriksaan USG yang dilakukan untuk mengevaluasi kehamilan anda tidak akan memberikan akibat buruk terhadap janin anda, meskipun pemeriksaan tersebut dilakukan setiap bulan.

Namun, pemeriksaan USG tidak harus dilakukan setiap bulan. Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai frekuensi seorang wanita hamil untuk melakukan pemeriksaan USG. Namun, dalam keadaan normal seorang wanita hanya perlu 3 kali melakukan pemeriksaan USG selama kehamilannya, yaitu:

 

 

  1. Pemeriksaan pertama pada usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk mengkonfirmasi kehamilan, menyingkirkan kemungkinan hamil diluar kandungan, melihat denyut jantung janin dan mengukur panjang janin (crown-rump length)
  2. Pemeriksaan kedua saat usia kehamilan 18-20 minggu untuk mendeteksi adanya cacat janin. Pada usia ini, ukuran janin sudah cukup besar sehingga dokter dapat mendeteksi kelainan anatomi janin dengan lebih akurat. Disamping itu, pemeriksaan USG kedua ini juga bertujuan untuk memastikan diagnosis hamil kembar, mengevaluasi pertumbuhan janin dan letak plasenta
  3. Pemeriksaan ketiga saat janin berusia sekitar 32 minggu atau lebih untuk mengevaluasi ukuran dan berat janin (pertumbuhan janin), mendeteksi lebih lanjut kelainan janin, posisi plasenta.

 

Pemeriksaan USG perlu dilakukan lebih sering jika dokter mencurigai kemungkinan adanya cacat janin dalam kandungan sehingga diperlukan evaluasi berkala untuk melihat kelainan tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar