Sukses

Bintil pada penis dan kutil

19 Oct 2014, 04:52 WIB
Pria, 21 tahun.
dok saya mau nanya , pada saat saya mandi saya menemukan di testis saya seperti ada bintik kecil seperti jerawat . dan pas saya pencet keluar sperti sel kulit mati pada jerawat yg sudah mengering , hal sperti ini hanya saya dapatkan satu bintik saja . apakah itu jerawat dok ? dan apaka berbahaya ? penyebabnya apa dok ? apakah saya kurang menjaga kebersihan , saya belum pernah berhubungan sex dok dan saya mau nanya , apakah kutil pada tangan bisa pindah ke penis ? soalnya saya ada di jari dan mau tidak mau bersentuhan pada saat mandi dan kencing hx dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Jika Anda memang belum pernah melakukan hubungan seksual, maka benjolan yang Anda sebutkan tersebut bukan merupakan bagian dari gejala infeksi menular seksual (IMS). Jerawat mungkin terjadi pada alat kelamin karena struktur kulitnya juga memiliki kelenjar apokrin yang mengeluarkan emolien dan dapat terjadi penyumbatan pori kulit. Seringkali hilang dengan sendirinya atau terkadang dapat dibantu dengan salep antibiotik.

 

Kutil

 

 

Kutil adalah benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit ini sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. Papilloma ini sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Jenis kutil lain yang perlu diwaspadai adalah kutil yang tumbuh pada organ seksual atau disebut juga dengan kutil genital. Kutil ini merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dan bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut rahim pada wanita. Selain itu, wanita hamil yang terinfeksi HPV dapat menularkan virus ke bayinya saat proses kelahiran bayi.

Untuk kutil di daerah genital, sebaiknya periksakan ke dokter. Jangan mencoba kutil jenis ini dengan obat yang dijual bebas, karena umumnya obat yang dijual bebas bukan untuk digunakan pada jaringan yang lembab di sekitar area genitalia.

Kami sarankan bila anda ingin menghilangkan kutil ini untuk memeriksakan diri anda ke dokter specialis kulit dan kelamin.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar