Sukses

Batuk, pilek

19 Aug 2013, 21:55 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat siang dok. Beberapa tahun belakang ini saya sangat mudah terserang penyakit demam/radang tenggorokan. Saya meminum antibiotik (diresepkan) dan sebisa mungkin saya habiskan,tetapi saya lupa apakah dulu ada yang bolong atau tidak. Yang mau saya tanyakan 1.)Apakah ini efek samping dari terlalu sering minum antibiotik? Saya tidak pernah membeli sembarang tanpa resep. Dan selalu saya usahakan sampai habis,tapi seolah2 setelah sembuh sebulan kemudian sakit kambuh lagi. 2.)Apakah kuman/virus menjadi resisntesi? Sehingga radang rasanya kambuh setiap bulannya padahal saya sedang fit esok hari bisa tiba-tiba sakit. Walaupun begitu bbrp kali saya sembuh dengan konsumsi obat panadol atau seperti tolak angin. Itu saja pertanyaannya dok,untuk jawabannya saya sampaikan terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

1. Bila anda terserang flu atau pilek biasa mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi virus, bakteri, atau merupakan suatu bentuk alergi. Bila anda terkena pilek oleh karena alergi atau infeksi virus maka pemakaian antibiotik tidak perlu. Hampir semua jenis flu disebabkan oleh infeksi virus influenza, dimana hal yang dapat melawan virus adalah dengan daya tahan tubuh kita sendiri, yang perlu anda lakukan adalah istirahat dan mengkonsumsi vitamin. Namun terkadang terjadi infeksi bersamaan dengan bakteri yang ditandai dengan demam atau ingus atau batuk berdahak yang berwarna hijau, lalu mungkin juga batuk pilek demam yang tidak sembuh-sembuh setelah beberapa hari minum obat-obatan seperti paracetamol barulah kita bisa mendiagnosa infeksi bakteri, baru boleh diberikan antibiotik.

Mungkin anda sering terserang oleh flu oleh karena tubuh anda yang kurang fit. Coba perbanyak istirahat, makan yang sehat, berolahraga dan mengkonsumsi vitamin. Bila memang belum ada tanda-tanda infeksi bakteri, anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk batuk pilek yang dijual di pasaran.

2. Memang bila kita tidak mengkonsumsi antibiotik sebagaimana mestinya terkadang terjadi resistensi oleh bakteri. Maka dari itu kami menganjurkan bila memang anda benar-benar membutuhkan antibiotik (terbukti atau mengarah ke infkesi bakteri) maka gunakan antibioitk dengan golongan paling bawah seperti amoxicilin dahulu. Kami menganjurkan agar bila anda diberikan antibiotik disarankan untuk menghabiskannya. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar