Sukses

Kulit kaki kering

18 Oct 2014, 16:49 WIB
Pria, 21 tahun.
Selamat Pagi dokter, saya ingin konsultasi mengenai kulit pada telapak kaki saya yang gatal dan bersisik..awalnya gatal, saya kasih salep genoint dan saya garuk kemudian jadi kering dan kadang-kadang berdarah dan sangat perih sekali apabila terkena air. Itu indikasinya apa ya dok dan bagaimana cara mengatasinya? Sangat saya harapkan jawaban dari dokter. Sukses selalu buat dokter. Terimakasih Banyak dok. Alfi Jakarta
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

 

Kulit kaki kering dan menebal merupakan keluhan-keluhan yang sering ditemui, terutama pada bagian tumit akibat  tekanan terus menerus dan gesekan kulit dengan sepatu. Penyebab lainnya adalah pajanan jenis kulit kering (umumnya memiliki kecenderungan alergi),  zat kimia deterjen, pembersih lantai, infeksi, dsb.

Yang dapat anda lakukan adalah:

 

1. Hindari penyebab keluhan

 

Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari bahan alas kaki kulit  yang dapat mencetuskan alergi dan menggantinya dengan kayu atau kain.

2. HIndari menggaruk atau menggosok daerah yang gatal

Kulit dapat menebal akibat gesekan terus-menerus. Semakin anda sering menggaruk ataupun menggosok kulit yang terasa gatal, kulit tersebut akan semakin menebal. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan kompres es untuk mengurangi gatalnya.

3. Jaga kebersihan dan kelembaban kaki.

Kulit yang menebal dapat diamplas menggunakan alat khusus untuk kaki, scrub, atau batu apung. Jangan  gunakan gunting atau pisau karena akan membuat kaki lebih mudah infeksi. Sebelumnya rendam kaki dalam air hangat yang mengandung asam salisilat, asam laktat, dan karbamid. Asam salisilat berfungsi melepaskan dan menghilangkan sisik pada lapisan stratum korneum. Asam laktatberfungsi meningkatkan kadar air pada kulit, sedangkan karbamid sebagai pelembab pada kulit kaki kering. Setelah direndam dan digosok, oles dengan krim yang mengadung banyak pelembab. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan minyak zaitun jenis ekstra virgin yang merupakan sumber vitamin E yang baik dan dapat menjadi pelembab.

Saran kami bila anda sudah melakukan upaya seperti yang kami sebutkan diatas dan masih ada keluhan yang menyebabkan berdarah malah keluar nanah (infeksi) sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar