Sukses

Obat Kumur Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

20 Oct 2014, 06:33 WIB
Pria, 30 tahun.
Bolehkah Betadin Kumur digunakan oleh ibu menyusui (untuk pengobatan sariawan) pada label ada tulisan mengenai kontra indikasi untuk bumil & menyusui. Tapi setelah banyak searching ada yang mengatakan boleh namun dalam dosis tertentu. Bila diperbolehkan berapa dosis yang aman untuk ibu menyusui(bayi usia 1 tahun)? kalau tidak diperbolehkan obat kumur mana yang aman untuk ibu menyusui? Terima kasih dok deny - bekasi
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk. Ibu yang terhormat, 
Terima kasih telah menggunakan layanan  e-konsultasi Klikdokter.com
Penggunaan obat-obatan pada ibu hamil dan menyusui memang memerlukan kehati-hatian dan kewaspadaan. 
Povidon iodine merupakan antiseptik yang efektif dalam membunuh kuman dan jamur. Povidon iodine tersedia dalam beberapa bentuk sediaan, salah satunya obat kumur yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, radang gusi dan jaringan lunak. Meski penggunaannya bersifat topikal, yaitu dikumur-kumur dan tidak untuk ditelan, penggunaan obat kumur povidon iodine bagi kondisi hamil dan menyusui tetap perlu diwaspadai, karena tetap dapat terserap tubuh meski kemungkinannya kecil. 
Apabila Anda mengalami sariawan atau radang pada jaringan lunak mulut, sebaiknya periksakan ke dokter gigi secara langsung, sekaligus konsultasikan penggunaan obat-obatan sebelum dikonsumsi. Gunakan obat kumur sesuai aturan pakai, namun sebaiknya tidak untuk jangka panjang. 
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Apabila masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.
Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar