Sukses

Hematom?

15 Aug 2013, 17:25 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat siang dok sy skrng sedang hamil 4 bulan,dulu waktu anak pertama sy punya kronologi lahiran normal tp sesaat setelah itu harus operasi krn ada hematum(benjolan darah) di dekat vagina.. yg mau sy tanyakan adalah: 1.sebenarnya apa hematum itu dan apa penyebabnya? 2.apa yg hrs sy lakukan agar tdk terjadi operasi hematum lg pas nanti lahiran ke 2 mks dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah benjolan yang Anda maksud hemorrhoid atau wasir? Karena hematom pada vagina biasanya terjadi pasca melahirkan dan biasanya disebabkan ada bagian dari vulva yang belum terjahit atau lepas jahitannya.  Mungkin dalam hal ini, jahitan memang sudah dilakukan namun ada bagian yang 'miss' sehingga masih ada ruang kosong yang menganga. Atau juga memang sudah dijahit rapat namun Ibu tersebut melakukan aktivitas terlalu berat atau mengedan berlebihan yang mengakibatkan jahitan terbuka kembali. Perdarahan yang terjadi pada bagian vulva tersebut mengumpul di rongga kosong (yang belum atau longgar jahitannya) dan mengakibatkan terjadinya hematom. Ruptur terjadi karena proses kelahiran, kemungkinan besar karena gerakan dari bayi ketika dilahirkan. 

Jadi bukan karena hematom itu sendiri sehingga harus dioperasi, karena justru hematom itu biasanya terjadi setelah pasca melahirkan. Kemungkinan kami menduga yang Anda maksud adalah hemorrhoid atau adanya benjolan dari anus akibat adanya pelebaran pembuluh darah. Hemorrhoid memang merupakan indikasi untuk dilakukan operasi karena jika tidak dioperasi dapat menyebebkan hemorrhoid tersebut pecah sewaktu mengedan dan terjadi perdarahan. 

Untuk itu, kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO).

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar